SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Siap Amankan Penghitungan Suara, Ratusan Polisi Digeser ke TPS

Polres Trenggalek – Sejumlah petugas gabungan yang terdiri dari personel TNI, Polri dan BKO dari Polda, Brimob, Polres Tulungagung dan Madiun mengikuti Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) dalam rangka pengamanan tahapan pemungutan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek

Dalam apel yang digelar di stadion menak sopal kelutan Trenggalek tersebut dipimpin langsung Kapolres Trenggalek yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Mujito, S.H., M.H., Dandim 0806 Letkol Arh. Uun Samson Sugiharto, S.I.P., M.I.Pol dan Bupati Trenggalek yang diwakili oleh Asisten Pemerintah dan Kesra Sekda Kabupaten Trenggalek Drs. Widarsono, M.M. Selasa, (8/12).

Kompol Mujito mengatakan, mulai hari ini seluruh petugas pengamanan tahapan pemungutan dan pengitungan suara Pilkada Kabupaten Trenggalek akan digeser meneuju TPS sesuai dengan plot masing-masing.

“Terhitung mulai hari ini sampai tanggal 10 Desember 2020.” Ujar Kompol Mujito

Kompol Mujito menegaskan tugas utama dari petugas Pam TPS adalah memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara berlangsung aman dan lancar. Selain itu, petugas juga akan mengawal material logistik Pilkada serta melakukan pengamanan selama proses Pilkada berlangsung. Pihaknya meminta agar setiap petugas mempedomani SOP yang sudah ada.

“Petugas pengamanan harus mengetahui Kakerda wilayah tugasnya. Baik itu gangguan kamtibmas, potensi konflik maupun permasalah lainnya.” Imbuhnya

Lebih lanjut Kompol Mujito mengungkapkan, khusus untuk pengamanan di lokasi TPS pihaknya melibatkan 680 Polri, 223 TNI, 100 Satpol PP, 4.042 Linmas ditambah dengan personel cadangan yang distanbykan di masing-masing satuan yang dapat digerakkan sewaktu-waktu untuk mem-backup 1.550 TPS se Kabupaten Trenggalek.

Masih kata Kompol Mujito, Pilkada tahun ini berbeda dengan sebelumnya mengingat diselenggarakan pada masa Pandemi Covid-19. Pihaknya kembali mengingatkan bahwa terdapat 15 hal baru terkait dengan penerapan protokol kesehatan selama tahapan pemungutan suara berlangsung.

Pihaknya juga meminta kepada seluruh petugas pengamanan dan stake holder terkait untuk turut serta mengawasi pelaksanannya guna mencegah paparan Covid-19 yang lebih luas.

Sementara itu, Drs. Widarsono dalam amanatnya meminta agar personel yang terlibat pengamanan TPS tetap semangat dan menjaga kesehatan serta tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan pengamanan ini pihaknya optimis Pilkada Kabupaten Trenggalek tahun 2020 ini dapat berjalan lancar dan kondusif dan tidak memunculkan klaster persebaran baru.

Usai Apel, kegiatan dilanjutkan dengan penjabaran teknis pola pengamanan, penempatan personel hingga pergeseran pasukan baik TNI maupun Polri pada saat terjadi keadaan kontijensi di lapangan oleh Kabagops Polres Trenggalek Kompol Supiyan, S.Sos.


Related posts

Pelibatan LMDH Garda Waspada Karhutla

redaksi

Pengamanan Gereja Minggu Pagi Rutin Dilaksanakan Personil Polsek Durenan

redaksi

Kawal Pembagian BST Tahap IV dan V, Aipda Budi : Warga Terus Kami Imbau agar Patuhi Prokes

redaksi