SuaraKawan.com
Politik

KOMITMEN SELENGGARAKAN PEMILIHAN DENGAN AMAN & SEHAT, 340.249 KPPS DI JAWA TIMUR JALANI RAPID TES

Pelaksanaan Rapid Tes di Kabupaten Banyuwangi

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Sebagai bentuk komitmen KPU untuk menyelenggarakan Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020 dengan aman dan sehat, sebanyak 340.249 anggota KPPS dan 97.214 Petugas Ketertiban TPS dari 19 Kabupaten/ Kota di Jawa Timur jalani Rapid Tes mulai hari ini, Kamis, 26 November 2020.

Demikian diungkapkan oleh Komisioner KPU Jatim, Divisi SDM dan Litbang, Rochani saat diwawancarai.

Pelaksanaan Rapid Tes di Kabupaten Situbondo

Rochani menuturkan pula bahwa sebagaimana Ketentuan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020, tahapan Pembentukan KPPS dan Petugas Ketertiban TPS telah berakhir pada 23 November 2020.

“Selanjutnya KPPS dan Petugas Ketertiban TPS ini akan menjalani masa kerja mulai 24 November sampai dengan 23 Desember 2020,” tuturnya (26/11/2020).

Sebelum menjalani masa kerjanya, anggota KPPS dan Petugas Ketertiban TPS diwajibkan melaksanakan pemeriksaan yang berkaitan dengan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Hal ini dilakukan dalam upaya pemenuhan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19 serta menjaga kesehatan dan keselamatan bersama.

Pelaksanaan Rapid Tes di Kota Surabaya

“Pemeriksaan tersebut dilakukan dengan cara rapid test atau swab test/Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Apabila pemeriksaan dilakukan dengan rapid test, dan hasil pemeriksaan menyatakan reaktif, maka terhadap anggota KPPS yang bersangkutan dapat dilakukan pemeriksaan swab test/Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR),” terangnya.

Lebih lanjut, menurut Rochani, bagi anggota KPPS dan Petugas Ketertiban TPS yang sedang menjalani rawat inap, isolasi mandiri dan/atau positif terinfeksi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), tidak diperbolehkan melaksanakan tugasnya, dan akan dilakukan penanganan sesuai dengan ketentuan perundangan.

Menutup wawancara, Divisi SDM dan Litbang KPU Jatim ini menyampaikan terima kasih kepada seluruh penyelenggara pemilihan di Jawa Timur. “Terima kasih telah menjadi bagian dari Penyelenggara Pemilihan Serentak Tahun 2020, mari Kita  wujudkan Pemilihan yang Sehat dan Berintegritas,” pungkasnya.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim


Related posts

Rakor Finalisasi Debat Publik Ketiga Bersama Tim Penghubung Paslon dan Lembaga Penyiaran

redaksi

Penandatanganan Pakta Integritas Panelis Debat Publik kedua

redaksi

KPU Serahkan Sertifikat Akreditasi Kepada Tiga Lembaga Pemantau Pemilihan Dalam Negeri

redaksi