SuaraKawan.com
Politik

PASTIKAN PENYELENGGARA AMAN DARI COVID-19, KPU JATIM LAKUKAN SWAB

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Jatim, Muhammad Arbayanto sedang melakukan tes swab

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Pastikan penyelenggara sehat dan aman dari Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) berkomitmen melakukan pemeriksaan kesehatan dengan metode SWAB/PCR Test di lingkungan internal dan wilayahnya. Demikian ungkap Divisi SDM dan Litbang KPU Jatim, Rochani.

Menurut Rochani, Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020 dilaksanakan dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), serta memperhatikan kesehatan dan keselamatan penyelenggara Pemilihan, peserta Pemilihan, Pemilih, dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilihan.

“Oleh karena itu, KPU secara berkala melakukan rapid test atau Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) terhadap Anggota dan Sekretariat Jenderal KPU, serta Anggota dan sekretariat KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS dan/atau yang memiliki gejala atau riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19),” papar mantan Ketua KPU Kota Batu ini (19/11/2020).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan jika pemeriksaan kesehatan terhadap COVID-19 dengan metode SWAB/PCR Test dilakukan minimal sebanyak 3 (tiga) kali bagi KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota. Yang ketentuan teknis pelaksanaannya dapat dilakukan secara massal untuk pegawai KPU Provinsi dan/atau KPU Kabupaten/Kota atau by case bagi pegawai yang terindikasi terpapar COVID-19.

“Berkenaan dengan penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di 19 KPU Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur serta adaptasi terhadap tatanan normal baru yang mendukung produktivitas kerja, maka untuk menjaga keberlangsungan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan bersama, Anggota dan Sekretariat KPU Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan dengan metode SWAB/PCR Test tahap I pada 28 Oktober, 4 November, 11 November, 18 November dan 25 November 2020,” terangnya.

Sedangkan pemeriksaan selanjutya akan dijadwalkan kembali pada awal Desember 2020 dan Akhir Desember 2020. Tes swab ini bertempat di UPT Latkesmas Murnajati Kampus Bendul Merisi Surabaya.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

Moderator Debat Publik Pertama Tandatangani Pakta Integritas

redaksi

BIMTEK KAMPANYE, SAMAKAN PEMAHAMAN TERKAIT REGULASI

redaksi

NURUL : DIVISI RENDATIN HARUS BERSINERGI DENGAN DIVISI LAINNYA

redaksi

Leave a Comment