SuaraKawan.com
Politik

KPU Surabaya Kembali Gelar Bimtek Pelaksanaan Pemungutan, Penghitungan, dan Penggunaan Sirekap

Hupmas, SURABAYA – KPU Kota Surabaya kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) gelombang tiga pelaksanaan pemungutan, penghitungan, dan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) kepada PPK.

Bertempat di Graha Swara lantai 3 Kantor KPU Kota Surabaya Jalan Adityawarman nomor 87, Acara dihadiri 11 PPK dari kecamatan Semampir, Simokrerto, Sukolilo, Sukomanunggal, Tambaksari, Tandes, Tegalsari, Tenggilis Mejoyo, Wiyung, Wonocolo, dan Wonokromo.

Acara dibuka oleh Komisioner KPU Kota Surabaya Nur Syamsi. Dalam sambutannya, Nur Syamsi menyampaikan seluruh PPK yang hadir harus memiliki pemahaman dan penjiwaan dalam melakukan proses pemungutan, penghitungan, dan penggunan Sirekap.

“Pahami sirekap yang disampaikan oleh pak Nano, jiwai pemungutan dan penghitungan suara, karena seluruh proses yang akan dilaksanakan di TPS akan kacau balau ketika pemahaman kita tentang pemungutan dan penghitungan suara tidak tuntas,” jelas Nur Syamsi.

Nur Syamsi berharap usai Bimtek, PPK dapat membantu KPU Kota Surabaya untuk mensosialisasikan kepada PPS hingga ke tingkat KPPS dengan sebaik-baiknya agar pelaksanaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya tahun 2020 dapat berjalan dengan lancar.

Setelah sambutan dilanjutkan dengan pre tes pemungutan, dan penghitungan suara. Kemudian dilanjukan dengan pemaparan materi dari Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan Soeprayitno.

Soeprayitno menyampaikan, dari hasil Bimtek kali ini, diharapkan PPK telah memahami proses pemungutan, penghitungan dan penggunaan Sirekap, karena selanjutnya PPK berkewajiban untuk mensosialisasikan kepada PPS hingga nanti kepada KPPS. Tanggal 26 hingga 28 November Sirekap juga akan dibuka.

“Ini harapannya akan langsung diikuti oleh teman-teman KPPS dalam rangka simulasi. Selain itu antara tanggal 1-5 Desember, teman-teman KPPS juga akan dilibatkan langsung untuk kembali mengikuti uji coba penggunaan Sirekap,” jelasnya.

Untuk diketahui, Bimtek kali ini merupakan lanjutan dari Bimtek pertama dan kedua yang digelar pada Hari Kamis (12/11) lalu. (trisna/hupmas)

Sumber : KPU Surabaya

Related posts

Persiapkan Debat Publik Ketiga, KPU Gelar Rakor Bersama Stasiun Televisi

redaksi

Berita Relasi: Relasi Basis Keluarga Sosialisasi Pilwali di Kalijudan

redaksi

Pengumuman KPU Surabaya Tentang Penetapan Pasangan Calon Dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Tahun 2020

redaksi

Leave a Comment