SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Jadi Narsum Talk Show, Kapolres Ingatkan Waspada Hoax Selama Pilkada

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resor Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. tampil sebagai salah satu nara sumber dalam acara talk show `Dialog Pilkada 2020` yang digelar di Cangkir wening Trenggalek. Selasa, (10/11).

Dalam talk show yang merupakan sosialisasi pengawasan Pilkada tahun 2020 tersebut AKBP Doni mengajak semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Trenggalek dengan tetap menjaga kerukunan, persaudaraan dan persatuan.

AKBP Doni menegaskan, keberadaan akan selalu bersikap netral dalam Pilkada. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang kepolisian RI yang menyatakan, Polri bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis serta tidak menggunakan hak memilih dan dipilih.

Disamping itu, anggota Polri dapat menduduki jabatan di luar kepolisian setelah mengundurkan diri atau pensiun dari dinas kepolisian.

“Netralitas Polri tak perlu diragukan lagi. Dalam tiap kesempatan kita sampaikan dan ingatkan kepada seluruh anggota Polres Trenggalek untuk menjaga netralitas” Ungkap AKBP Doni.

Terkait dengan potensi pelanggaran berupa politik uang, orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek ini berharap hal tersebut tidak terjadi di Pilkada Kabupaten Trenggalek agar tumbuh demokrasi yang sehat dan terpilih pemimpin-pemimpin yang benar-benar berangkat dari pilihan masyarakat.

Pihaknya juga mengajak semua elemen masyarakat termasuk pemantau pemilu dan lembaga swadaya masyarakat berperan aktif memberikan edukasi dan masifkan kampanye tolak politik uang.

Tak ketinggalan, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, AKBP Doni menekankan agar dalam setiap tahapan Pilkada di Trenggalek mematuhi protokol kesehatan dengan wajib memakai masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak aman sert amenghindari kerumunan.

“Satu hal yang tak kalah penting, jangan mudah percaya dengan berita yang terindikasi Hoax maupun yang bertendensi adu domba. Saring sebelum sharing. Kita akan turunkan tim patroli siber untuk memastikan tidak ada berita atau informasi yang dapat mengganggu Kamtibmas maupun jalannya Pilkada.” Pungkasnya.

Demi suksesnya Pilkada kabupaten Trenggalek AKBP Doni mengajak semua masyarakat yang telah memiliki hak pilih untuk menyalurkan suaranya sesuai hati nurani masing-masing.

Selain Kapolres Trenggalek, turut hadir dalam acara talk show tersebut antara lain Kepala kejaksaan negeri Trenggalek Darfiah,S.H.,M.H., Kordiv Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Trenggalek, Farid Wajdi,S.H. dan Ketua GNPK-RI Trenggalek, Nur Rochmad Aghani,S.H.


Related posts

Polisi dalam Upaya Cegah Covid-19 dengan Ayo Pakai Masker

redaksi

Kapolres Trenggalek Imbau Wisatawan Pantai Mutiara Taat Prokes

Wong Nggalek

`Saber Mantap`, Aksi Simpatik Polisi di Tengah Pandemi Covid-19

Wong Nggalek