SuaraKawan.com
Hukrim Jatim Trenggalek

Polisi Lumpuhkan Pelaku Curat SPBU di Trenggalek

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek berhasil membekuk pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) di SPBU Nglongsor Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. Keberhasilan ini merupakan buah manis atas ketelatenan dan kejelian petugas dilapangan serta kolaborasi apik antara petugas Polres Trenggalek dengan jajaran kepolisian lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Trenggalek AKBP Doni satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. saat menggelar konferensi pers terkait persitiwa tersebut di Mapolres Trenggalek. Senin, (9/11).

“Iya benar, tim Satreskrim Polres Trenggalek telah menangkap seorang tersangka RW asal Kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.” Ungkap AKBP Doni.

AKBP Doni mengatakan, Dalam peristiwa tersebut, selain RW yang berperan sebagai eksekutor, terdapat tiga tersangka lainnya yakni. DFS warga Kecamatan Sindang Dataran yang berperan sebagai Joki dan saat ini telah diamankan dan ditahan di Polres kediri. TS, Rejang Lebong Bengkulu bertindak sebagai pengalih dan mengawasi korban saat ini sudah diamankan oleh jajaran Polres Tulungagung.

“Satu orang lagi AS asal Bengkulu. Perannya sebagai pengalih perhatian korban, masih dalam proses pengejaran dan sudah ditetapkan sebagai DPO” Ujar AKBP Doni.

Dari pengembangan penyelidikan, diketahui bahwa kompolotan ini juga telah melakukan perbuatan yang sama di beberapa lokasi dengan modus serupa, diantaranya di SPBU Tugu Trenggalek, pencurian uang nasabah di SPBU Ngronggo Kota Kediri serta pencurian uang nasabah bank BCA di Kota Kediri, Kota  Blitar, Gondang Legi Malang, Pasuruan dan Kediri.

Masih kata AKBP Doni, persitiwa Curat itu sendiri terjadi tanggal 12 Oktober 2020 yang lalu. Pelaku datang di SPBU Nglongsor menggunakan 2 Sepeda Motor dengan cara berboncengan. DFS yang mengendarai Sepeda Motor Suzuki Satria berhenti di sebelah mesin pengisian BBM nomor 2 dan berpura-pura hendak mengisi BBM dengan cara membuka jok motornya.

Tersangka RW yang dibonceng dengan cepat mengambil kunci kotak penyimpanan uang yang ditaruh di atas kotak tersebut kemudian mengambil uang sejumlah Rp 42.204.700,-  yang merupakan hasil penjualan BBM.

Sedangkan tersangka TS dan AS yang menggunakan Sepeda Motor Yamaha Jupiter MX berhenti di mesin pengisian BBM nomor 1 dan berpura-pura hendak mengisi BBM sambil menunggu temannya yang mengambil uang tersebut. Setelah berhasil, mereka langsung kabur dengan cepat.

Sementara terhadap tersangka petugas mengenakan Pasal 363 ayat 2  KUHPidana dengan ancaman paling lama sembilan tahun penjara.


Related posts

Bersama Dandim 0806, Kapolres Trenggalek Pantau Langsung Pengamanan Lebaran

Wong Nggalek

Apel Konsulidasi Dengan Perguruan Silat

redaksi

Kreatif, `Hantu Pocong` dan `Badut Tolak Bala` Turut Gemakan Protokol Kesehatan di Trenggalek

Wong Nggalek