SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Kunjungi Polres Trenggalek, Tim Ombudsman Apresiasi Ide Kreatif Pelayanan

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek menerima kunjungan istimewa dari tim ombudsman RI wilayah Jawa Timur. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dan asistensi Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi bersih dan melayani (WBBM). Kamis, (5/11).

Kehadiran tim ombudsman yang diketuai oleh Dr. Agus Widiyarta, M.Si ini disambut langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. didampingu pejabat utama dan beberapa perwira staf.

Dalam acara tersebut, AKBP Doni memaparkan berbagai ide kreatif dan inovasi berbasis IT yang telah diluncurkan jajaran Polres Trenggalek untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang berorientasi pada kepuasan dan kenyamanan masyarakat.

Inovasi tersebut, lanjut AKBP Doni merupakan implementasi dari slogan Polres Trenggalek Mantap yang berarti Melayani, terpercaya dan profesional yang dijabarkan dalam bentuk program unggulan diantaranya aplikasi Trenggalek Mantap, Layar Tancep, Sambel Mantap, Merpati Mantap serta melengkapi sarana prasarana penunjang seperti ruang tunggu yang nyaman, coffee corner atau sajian mantap dan masih banyak lagi.

“Orang yang sukses adalah orang yang mau melakukan perubahan dan Polres Trenggalek sukses membawa perubahan pelayanan publik ke arah yang lebih baik” Ungkap AKBP Doni.

Terkait dengan pengawasan, AKBP Doni menerangkan pihaknya telah membangun sebuah mekanisme baru dimana pengawasan dilakukan secara melekat dengan melibatkan fungsi Kepolisian terkait. Masing-masing satuan wajib memiliki satu ruang dan petugas khusus yang bertugas menampung keluhan, pengaduan maupun konsultasi.

Disamping itu, setiap ruangan juga dilengkapi dengan CCTV dan diawasi oleh petugas pengawas Yanlik dari Sipropam untuk menekan penyelahgunaan wewenang, pungli ataupun perilaku koruptif lainnya.

“Polres Trenggalek telah menerapkan sistem pembayaran non tunai atau cashless. Semua pembayaran dilakukan secara online.” Ujar AKBP Doni.

“Dengan tekat kita bersama, kami berharap tahun ini Polres Trenggalek dapat meraih predikat WBBM” Imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Tim ombudsman dalam kesempatan tersebut menyatakan apresiasi atas dedikasi dan tekat kuat serta komitmen jajaran polres Trenggalek dalam membangun pelayanan prima jajarannya.

Pihaknya juga cukup kagum dengan berbagai inovasi dan terobosan kreatif yang telah dilakukan untuk mempermudah pelayanan sekaligus sebagai wujud nyata kepedulian Polri dalam memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat.

“Semua komponen pelayanan sudah tercukupi, siap dan bagus.” Ujar Agus Widiyarta

Pihaknya berpesan agar tetap memperhatikan hal-hal kecil dan terlihat sepele karena dapat mempengaruhi penilaian WBBM mengingat tim nantinya akan mengecek keseluruhan pelayanan dari segala aspek.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan ruang pelayanan publik di Mapolres Trenggalek diantaranya SKCK, SPKT, Satreskrim dan Satpas SIM.


Related posts

Satlantas Polres Gresik Gelar Polantas Bina Desa Bangkit Semeru Sosialisasikan Aplikasi DDC

redaksi

Beri Masker Kepada Masyarakat Saat Sosialisasi di Pasar Sukorame

redaksi

Bersama Stakeholder Terkait, Polres Trenggalek Gelar Patroli Skala Besar

Wong Nggalek