SuaraKawan.com
Politik

Bimbingan Teknis Pemungutan, Penghitungan, dan Rekaitulasi Hasil Penghitungan Suara Serta Penggunaan SIREKAP

Hupmas, BEKASI – Dalam rangka persiapan penyelenggaraan Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Serentak tahun 2020, KPU RI menggelar Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan SIREKAP (Sistem Informasi Rekapitulasi) untuk KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

Gelombang pertama berlangsung mulai hari Rabu, tanggal 4 November 2020 sampai dengan hari Jumat, tanggal 6 November 2020 di Hotel Avenzel and convention, Jl. Kranggan RT 02 RW 09, Kecamatan Jatisampurna, Bekasi.

Arief Budiman, Ketua KPU RI membuka acara yang diikuti oleh Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas, dan Operator KPU Kabupaten/Kota.

Dalam sambutan, Arief Budiman menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan pemungutan harus dilaksanakan dengan teliti, memperhatikan detil-detil di dalamnya, dan sesuai peraturan.

“Sebagai penyelenggara harus bisa melaksanakan tahapan dengan baik dan tidak melewati tahapan. Hal-hal baru yang akan diterapkan dimasa pandemi covid-19 juga harus diperhatikan betul. Dan penggunaan SIREKAP ini menjadi sebuah hal yg luar biasa dan akan memudahkan KPPS karena tidak perlu menyalin dokumen yang banyak serta memudahkan masyarakat dalam mengetahui hasil Pemilihan,” jelas Arief Budiman.

Pada hari pertama dilakukan pemaparan materi oleh Evi Novinda Ginting Manik, selaku Komisioner KPU RI. Pembahasan mulai proses Pungra Tungra, jenis-jenis formulir, tugas KPPS, penggunaan SIREKAP, dan pembahasan PKPU. (guh/esar)

Sumber : KPU Surabaya


Related posts

KPU Gelar Perpisahan Sederhana Mahasiswa Magang UINSA

redaksi

KPU JATIM PERSIAPKAN PENETAPAN KPPS & PETUGAS KETERTIBAN TPS

redaksi

KPU Surabaya Upayakan Masyarakat Dapat Memilih Melalui Gerakan Mendukung Rekam KTP Elektronik

redaksi