SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Kembali Digelar, Seperti Ini Suasana Layanan Sambel Mantap Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Satlantas Polres Trenggalek kembali menggelar salah satu program unggulannya yakni Sambel Mantap atau selasa melayani difabel. Sambel Mantap ini merupakan layanan khusus yang diberikan kepada masyarakat penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus. Selasa, (3/11).

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan layanan ini merupakan wujud kepedulian Polres Trenggalek bagi kalangan masyarakat difabel yang ingin mendapatkan SIM D.

“Iya benar, setiap hari Selasa kita gelar Sambel Mantap khusus bagi saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus” Jelas AKBP Doni.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si menuturkan dengan Sambel Mantap ini, pihaknya memberikan banyak kemudahan dan prioritas serta pendampingan khusus. Bukan itu saja, pihaknya juga menyediakan layanan antar jemput bagi masing-masing orang.

“Hari ini layanan Sambel Mantap telah melayani sedikitnya sembilan orang difabel dan kita jemput dirumah masing-masing. Demikian juga kepulangannya kita antar sampai rumah.” Imbuhnya.

Meskipun mendapatkan prioritas, para pemohon yang merupakan masyarakat difabel ini tetap wajib mengikuti serangkaian proses sesuai dengan mekanisme layaknya pemohon SIM yang lain. Bedanya adalah petugas memberikan pendampingan khusus sehingga lebih nyaman dan tidak kesulitan mengakses semua layanan yang diberikan.

Pun demikian saat uji praktek. Telah disiapkan kendaraan modifikasi yang bisa digunakan. Bahkan sebagai petugas penguji adalah Subandi yang juga merupakan penyandang disabilitas yang sedikit banyak dapat menggugah semangat dan motivasi pemohon.

Tak pelak, inovasi berbasis humanisme ini mendapat respon positif dari Ketua Tim Srena Mabes Polri Kombes Pol Meilina D. Irianti, S.H. yang kebetulan melakukan kunjungan kerja dan peninjauan lapangan terkait dengan peningkatan kualitas pelayanan publik bagi Satker/Satwil dimana Polres Trenggalek merupakan salah satu dari 6 Polres di Jawa Timur yang telah memperoleh predikat WBK menuju WBBM.

“Alhamdulillah, tadi beliau sempat melihat secara langsung dan memberikan apresiasi bagaimana layananan Sambel Mantap ini sangat membantu saudara-saudara kita penyandang difabel di Kabupaten Trenggalek.” Pungkasnya.


Related posts

Polres Gresik Menggelar Apel Kolaborasi Melawan Pandemi Untuk Indonesia Sehat

redaksi

Sosialisasi Prokes Sembari Pengamanan Ibadah Hari Minggu

redaksi

Waka Polsek Durenan Berikan Imbauan Kamtibmas Satpam Toko Emas Pasar Durenan

redaksi