SuaraKawan.com
Politik

SIREKAP DUKUNG PEMILIHAN BERJALAN EFEKTIF, EFISIEN, RAMAH LINGKUNGAN

Salah Satu Tampilan SIREKAP di Tingkat KPPS

 

Kediri, kpujatim.go.id- Tujuan dibuatnya aplikasi SIREKAP (Sistem Informasi Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara) oleh KPU yakni, untuk mendukung agar Pemilihan Serentak Tahun 2020 ini bisa berjalan dengan efektif, efisien, ramah lingkungan. Ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Arief Budiman pada Simulasi Nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Sirekap di Tingkat TPS Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Kediri (31/10).

SIREKAP sebagaimana disampaikan oleh Ketua KPU RI merupakah hal baru yang akan diatur di dalam Peraturan KPU. “Kami sudah melakukan FGD, sudah melakukan uji publik, selanjutnya akan menyempurnakan drafnya, kemudian melakukan rapat konsultasi dengan pemerintah dan DPR. Kalau itu sudah selesai, maka Kami akan melakukan harmonisasi dengan Kemenkumham, setelah itu akan menjadi Peraturan KPU,” kata Arief (31/10/2020).

Lebih lanjut, kalau Peraturan KPU ini disetujui, nantinya KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) tinggal memotret formulir C.Hasil-KWK yang berisi data-data tentang penggunaan surat suara dan hasil pemilihan kepala daerah.

Dicapture lalu dikirimkan ke pusat data Kita, lalu pusat data akan melakukan rekapitulasi secara elektronik. KPPS juga bisa mengirimkan foto itu kepada saksi peserta pemilihan kepala daerah dan Pengawas TPS. Tidak perlu menggunakan kertas yang bertumpuk-tumpuk untuk salinan formulir, dan tidak ditulis berkali-kali, rekapitulasi di kecamatan tidak perlu mengumpulkan berkas yang terlalu banyak karena berkas sudah disediakan pada sistem elektronik,” paparnya.

Menambahkan yang telah dipaparkan, Arief menjelaskan dengan SIREKAP, pemilihan khususnya pada tahapan rekapitulasi suara akan berjalan dengan efektif, efisien, dan akan menjadi ramah lingkungan. Karena tidak banyak kertas yang digunakan, tidak membutuhkan waktu lama, semua orang bisa mengakses. Sehingga akuntabilitas, integritas, akurasi data, transparansi bisa terwujud.

“Penggunaan SIREKAP pada Pemilihan Serentak 2020 ini dalam pandangan KPU cukup bagus bila diimplementasikan. Sehingga diharapkan pemilihan ini dari tahun ke tahun terus ada perbaikan, dan nantinya pemilihan ini menjadi pemilihan seperti yang Kita cita-citakan,” pungkasnya dengan yakin.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

Pengumuman Perpanjangan Masa Pendaftaran Calon Anggota KPPS Pilwali Surabaya Tahun 2020

redaksi

Pengumuman Hasil Penerimaan LPSDK Peserta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Tahun 2020

redaksi

KPU JATIM LAKSANAKAN UJIAN DINAS & UJIAN KENAIKAN PANGKAT TAHUN 2020

redaksi

Leave a Comment