SuaraKawan.com
Politik

KPU Surabaya Hadiri Simulasi Nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Penggunaan SIREKAP Di Tingkat TPS

Hupmas, KEDIRI – Sabtu (31/10/2020), KPU Kabupaten Kediri menggelar Simulasi Nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan SIREKAP di tingkat TPS.

Acara dihadiri oleh Komisioner dan Sekretariat KPU dari berbagai Provinsi, Kabupaten/Kota di Jawa Timur, serta KPU Provinsi Jawa Tengah, Provinsi DIY, Jawa Barat, dan KPU Provinsi Bali.

Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi menyampaikan simulasi menjadi bagian dari edukasi bagi masyarakat. Serta dalam simulasi sebagai uji coba Sirekap ditingkat TPS.

“Simulasi Nasional ini dilakukan dengan melibatkan PPK dan juga masyarakat sekitar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaannya dan sebagai penerapan PKPU 6 Tahun 2020, PKPU 10 Tahun 2020, dan PKPU 13 Tahun 2020,” sambut Ninik Sunarmi.

Di akhir sambutan, Ninik Sunarmi berharap dalam pelaksanaan simulasi ini bisa menjadi pembelajaran sekaligus jika ada yang kurang tepat bisa dilakukan koreksi bersama agar dalam simulasi ini berjalan dengan baik.

Simulasi dilaksanakan seperti situasi asli sebenarnya. Mulai dari mewajibkan pemilih mencuci tangan sebelum memasuki TPS, cek suhu tubuh pemilih, pemakaian faceshield, membawa alat tulis sendiri, adanya bilik khusus, penyemprotan disinfektan, serta penggunaan tinta tetes bagi pemilih yang sudah selesai menggunakan hak pilihnya.

Dalam simulasi juga dilakukan beberapa contoh kasus, mulai dari pemilih yang memakai atribut partai, pemilih disabilitas, pemilih yang tidak membawa formulir C- Pemberitahuan, dan pemilih yang memiliki suhu tubuh di atas 37.3°C dapat menggunakan hak pilihnya dibilik khusus.

Pemilih yang tidak menggunakan masker serta Pemilih pingsan di dalam TPS dan penanganannya oleh petugas KPPS. (guh/esar)

Sumber : KPU Surabaya


Related posts

KPU Provinsi Jawa Timur Sosialisasikan Core Values ASN Berakhlak

redaksi

SIAPKAN PELAKSANAAN EVALUASI SAKIP, KPU JATIM RAKOR BERSAMA SATKER DI WILAYAHNYA

redaksi

Mengawali Tugas Minggu Ini, Jajaran KPU Surabaya Laksanakan Apel Senin Pagi Secara Daring

redaksi