SuaraKawan.com
Politik

Arief Budiman: Sirekap Diharapkan Wujudkan Pemilihan Yang Efektif, Efisien, Ramah Lingkungan, dan Akuntabel

Hupmas, KEDIRI – Ketua KPU RI, Arief Budiman hadiri Simulasi Nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Sirekap di tingkat TPS dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020 di KPU Kabupaten Kediri, Jl. Pamenang No. 1 Kediri.

Arief Budiman menyampaikan bahwa simulasi nasional ini merupakan rangkaian dari kegiatan simulasi nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara yang sebelumnya sudah dilaksanakan oleh KPU.

“Simulasi perlu dilakukan sebagai upaya sosialisasi dan sarana untuk mengimplementasikan pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di tengah kondisi pandemi covid-19,” buka Arief Budiman.

Selain pelaksanaan yang berubah dengan adanya pandemi, Arief Budiman juga menyampaikan penggunaan Sirekap dalam Pemilihan Serentak ini.

“Sirekap diharapkan bisa memudahkan KPPS karena tidak perlu menyalin dokumen yang banyak. Yang perlu dilakukan hanya memotret C-Hasil Plano dan dilakukan proses upload. Saksipun diberikan akses untuk hasil tadi,” jelas Arief Budiman.

Melalui Sirekap semua masyarakat bisa mengakses hasil Pemilihan dan rekap dilakukan oleh sistem. Kita berharap Pemilihan ini semakin maju dari tahun ke tahun.

“Sirekap karena bisa diakses oleh seluruh masyarakat ini merupkan bentuk akuntabilitas. Sirekap bisa mewujudkan Pemilu dan Pemilihan yang efektif, efisien, dan ramah lingkungan karena meminimalisir penggunaan kertas,” lanjut Arief Budiman.

Diakhir sambutannya, Arief Budiman berpesan agar kegiatan sosialisasi ini bisa disebarluaskan ke masyarakat. Sampaikan semua perubahan yang akan diterapkan di TPS terkait protokol kesehatan dan yakinkan bahwa aman ketika menggunakan hak pilihnya. (guh/esar)

Sumber : KPU Surabaya


Related posts

Dana Kampanye Erji Nol Rupiah Tak Ditindak

Redaksi Surabaya

KPU JATIM TINDAKLANJUTI PERMOHONAN PAW ANGGOTA DPRD JATIM PARTAI GOLKAR

redaksi

KPU Surabaya Serahkan Enam Salinan Dokumen Penetapan Pasangan Calon

redaksi