SuaraKawan.com
Politik

KPU JATIM PERSIAPKAN PENETAPAN KPPS & PETUGAS KETERTIBAN TPS

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Jelang tahapan penetapan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dan Petugas Ketertiban TPS (Tempat Pemungutan Suara), Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur terus melakukan koordinasi dan persiapan. Kali ini koodinasi dikemas dalam kegiatan Rakor Tahapan Penetapan KPPS dan Petugas Ketertiban TPS dalam Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020.

Rakor dilaksanakan selama dua hari, Selasa-Rabu, tanggal 27-28 Oktober 2020 di aula lantai II kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya. Dengan melibatkan Divisi Sosdiklih; Parmas dan SDM, Divisi Hukum dan Pengawasan, serta Kasubbag Hukumn dari 19 KPU Kabupaten/ Kota Penyelenggara Pemilihan Serentak Tahun 2020. Sementara itu, hadir dari KPU Jatim, Divisi SDM dan Litbang, Rochani, Divisi Hukum dan Pengawasan, Muhammad Arbayanto, Plt. Sekretaris, Edi Hartono, serta staf subbag terkait.

Pembukaan dimulai dari jam 1 siang. Berkesempatan membuka acara yakni, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Jatim, Muhammad Arbayanto.

Pria yang akrab disapa Arba ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa rakor kali ini penting untuk diadakan karena untuk kesiapan pembentukan badan adhoc Pemilihan Seretak Lanjutan Tahun 2020 yakni, KPPS dan petugas ketertiban TPS, termasuk didalamnya mengenai persiapan produk hukum yang menyertainya.

“Berikutnya Kami mengundang Divisi Sosdiklih; Parmas dan SDM karena akan ada banyak hal penting yang disampaikan Bu Rochani terkait kesiapan pembentukan KPPS dan Petugas Ketertiban TPS. Lalu mengundang Divisi Hukum dan Pengawasan karena keterkaitannya dengan penyiapan produk hukum terkait penetapan KPPS dan Petugas Ketertiban TPS. Dan juga mengundang Kasubag karena mereka akan berperan dalam teknis penyusunan produk hukum ini,” papar Arba (27/10/2020).

Menambahkan yang telah disampaikan, Arba mengungkapkan bahwa KPPS ini ujung tombak dari tahapan pemungutan dan penghitungan suara. “KPPS akan menjadi ujung tombak dari puncak kegiatan Kita, yakni pumungutan dan penghitungan suara. Jadi penting untuk mempersiapkan SK Penetapannya agar status dan kedudukan hukum siapa penyelenggara di TPS jelas,” tutur Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Jatim ini.

Usai pembukaan, peserta mendapatkan pretest, dan materi 1 mengenai Persiapan Pembentukan Produk Hukum Penetapan KPPS dan Petugas Ketertiban TPS. Esok harinya, akan ada materi II mengenai Pembentukan KPPS dan Petugas Ketertiban TPS, materi III tentang review Pengelolaan Data byname KPPS dan Petugas Ketertiban TPS Pemilihan Tahun 2020, dan post test.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim


Related posts

Pengumuman Perpanjangan Masa Pendaftaran Calon Anggota KPPS Pilwali Surabaya Tahun 2020

redaksi

KPU Surabaya Serahkan Sertifikat Pemantau Pemilihan Kepada JPPR

redaksi

Relasi Disabilitas Lakukan Sosialisasi Pilwali Melalui Zoom

redaksi