SuaraKawan.com
Politik

Bersama LO Paslon, KPU Surabaya Adakan Rakor Persiapan Debat Publik Pertama

Hupmas, SURABAYA – Senin 26/10/2020) KPU Kota Surabaya menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) teknis Persiapan debat publik pertama Pasangan Calon (Paslon) dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya tahun 2020.

Rakor digelar di Kantor KPU Kota Surabaya Jalan Adityawarman nomor 87 Surabaya. Dihadiri LO Paslon 1 dan 2, tiga media televisi yang menyiarkan jalannya debat pertama yakni JTV, SBO TV, dan TVRI.

Serta dihadiri Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi, Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM Subairi, dan Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Naafilah Astri Swaris, dan Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Hukum dan Pengawasan Agus Turcham.

Rakor dibuka oleh Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi. Dalam sambutannya Nur Syamsi mengatakan debat publik pertama akan menghadirkan panelis dari akademisi yang berkompeten.

“Semuanya dari akademisi yang berkompeten, dan merumuskan tiga tema yang kemudian menjadi satu tema besar dan akan di breakdown menjadi beberapa sub tema,” jelasnya.

Syamsi juga menyebut, para panelis nantinya akan bertugas untuk memberikan pertanyaan yang dirumuskan tim panelis melalui sub-sub tema dari tema besar yang telah ditetapkan di PKPU.

usai sambutan, dilanjutkan dengan paparan materi dari Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Subairi. Subairi mengatakan, ada 5 orang panelis yang akan memberikan pertanayaan dalam debat publik.

“Yang pertama ada Prof. Dr. H. Nurhasan, M.Kes selaku Rektor Unesa, kemudian yang kedua adalahDr. dr. Sukadiono, M.M, Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya, Prof. Dr. David S. Perdanakusuma yang merupakan Wadek I FK Unair,” jelas Subairi.

Kemudian, lanjut Bairi, ada Dr. rer. Pol Romy Hermawan, S.Sos, M. Ap. Kemudian panelis kelima yakni Akhmad Jayadi, M. EC.Dev yang merupakan akademisi dari Unair.

Selain memberikan informasi terkait panelis, Rakor juga membahas mengenai aturan debat, dan pelaksanaan debat. Rencananya, debat publik pertama Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya tahun 2020 akan digelar pada 4 Desember 2020 mendatang, di Hotel JW Marriot Surabaya dengan mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 secara ketat. (trisna/hupmas)

Sumber : KPU Surabaya


Related posts

SATGAS SPIP JATIM SIAPKAN FGD SPIP

redaksi

Selamat Hari Jadi Kota Surabaya Ke-728

redaksi

Pengumuman KPU Kota Surabaya Tentang Lomba Video Pendek Ajakan Memilih Pilwali

redaksi