SuaraKawan.com
Politik

SIAPKAN PENGADAAN ALAT KELENGKAPAN TPS, KPU JATIM GELAR RAKOR

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Guna mempersiapkan pengadaan alat kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS), Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar rakor. Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan Perlengkapan TPS Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020 dilaksanakan selama 2 hari (Rabu-Kamis, 21-22/10) di aulan lantai II kantor KPU Jatim, jala Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya.

Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Miftahur Rozaq dalam arahannya mengungkapkan pentingnya kerjasama antara seluruh pihak dalam pengadaan alat kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Pemenuhan alat perlengkapan TPS yang sesuai dengan prinsip tepat jumlah, tepat waktu, tepat jenis, tepat sasaran, tepat kualitas, dan efisien dapat dicapai dengan kerjasama yang baik dan solid antar Komisioner, Sekretaris, maupun Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom). Sangat penting bagi 19 KPU Kabupaten/ Kota bersama-sama membuat target pekerjaan di bidang logistik agar tidak ada kekacauan. Kapan setting packing dilakukan, termasuk kapan distribusi harus dilakukan”, ujar Rozaq (21/10/2020).

Komisioner KPU Jatim ini menyebutkan bahwa saat ini ada tambahan pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk pemenuhan kebutuhan TPS di masa pandemi Covid-19. Pengadaan APD ini dilakukan melalui tender konsolidasi baik dilakukan oleh KPU dan KPU Provinsi melalui Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ).

“Jadi tidak hanya fokus pada logistik pemilihan saja, tapi juga pengadaan APD dalam rangka penerapan protokol kesehatan yang akan digunakan pada saat setting, packing, distribusi, maupun saat tahapan pemungutan dan penghitungan suara”, jelasnya.

Yang tak kalah penting dari pengadaan logistik adalah bagaimana proses pengamanan, baik pengamanan di perusahaan produksi maupun pengamanan di KPU Kabupaten/ Kota.

“Pengamanan ini dilakukan untuk memastikan logisitik pemilihan dalam keadaan baik, dari proses pencetakan, penghitungan, penerimaan, penyortiran dan pelipatan, pengepakan, penyimpanan, pendistribusian, hingga pemusnahan. Semua harus bekerja sama, mengupayakan pemenuhan pelayanan yang baik bagi pemilih”, tambah Rozaq.

Tak lupa Divisi SDM dan Litbang KPU Jatim mengingatkan KPU Kabupaten/ Kota harus membuat emergency plan ketika barang yang diterima tidak sesuai. Space waktu diperlukan agar berbagai masalah yang mungkin muncul dapat terorganisir dengan baik.

Dalam kesempatan ini pula, akan ada kesempatan bagi 19 KPU Kabupaten/ Kota untuk overview terkait kebutuhan pengadaan logistik di masing-masing daerah, serta persiapan rekap e-katalog.

Rakor mengundang Ketua, Sekretaris, serta Pejabat Pembuat Komitmen 19 KPU Kabupaten/ Kota Penyelenggara Pemilihan di Jawa Timur. Turut hadir dalam Rakor Anggota KPU Provinsi Jawa Timur, Rochani, Insan Qoriawan, M. Arbayanto, dan Nurul Amalia serta Plt. Sekretaris KPU Jatim berserta jajaran Staf.

(AFN/ ed. Red)

Sumber : KPU Jatim


Related posts

SUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH, KPU JATIM VAKSINASI COVID-19 GELOMBANG I

redaksi

Persiapan Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi, KPU Surabaya Rakor Bersama Stakeholder

redaksi

KPU Surabaya Serahkan Sertifikat Dua Lembaga Survei Pilwali Surabaya

redaksi