SuaraKawan.com
Politik

KPU JATIM SOSIALISASIKAN PENGGUNAAN SIREKAP PADA PEMILIHAN SERENTAK 2020

 

Tuban, kpujatim.go.id- Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar sosialisasi penggunaan SIREKAP (Sistem Informasi Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara) pada Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020 hari ini sampai dengan besok, Sabtu-Minggu, tanggal 17 sampai dengan 18 Oktober 2020 di kantor KPU Kabupaten Tuban, jalan Pramuka Nomor 3 Tuban. Selain membahas SIREKAP, dalam kegiatan ini juga dibahas terkait sosialisasi pemungutan dan penghitungan suara dalam masa pandemi.

Berkesempatan hadir dari KPU Jatim yakni, Divisi Perencanaan dan Logistik, Miftahur Rozaq, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Insan Qoriawan, serta stas subbag Teknis dan Hupmas. Sedangkan peserta terdiri dari Ketua, Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Kasubbag Teknis dan Hupmas dari 19 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur.

Rakor Sosialisasi Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Masa Pandemi dan Penggunaan SIREKAP pada Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020 ini dimulai pada jam 10 pagi, dan dibuka oleh Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Miftahur Rozaq.

Dalam sambutannya Rozaq menyampaikan bahwa tahapan pemungutan dan penghitungan suara adalah intinya dari pemilihan ini dan merupakan tahapan krusial. “Dimana disisa waktu sekitar 53 hari ini perlu Kita persiapkan serta cermati sebaik mungkin,” tutur Rozaq (17/10/2020).

Rozaq melanjutkan jika pada Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020, KPU akan menerapkan penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara secara resmi dengan menggunakan aplikasi SIREKAP.

“Penerapan SIREKAP ini dimaksudkan untuk meminimalisir kesalahan penghitungan dan rekapitulasi serta melakukan efisiensi serta transparansi penghitungan dan rekapitulasi hasil Pemilihan,” jelas mantan Komisioner KPU Kabupaten Sampang ini.

Menambahkan yang disampaikan Rozaq, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan menerangkan mengingat pentingnya tahapan ini maka dalam kesempatan rakor kali ini KPU Jatim akan mengkoordinasikan terkait kesiapan pemungutan dan penghitungan suara, serta penggunaan aplikasi SIREKAP. “Namun sebelumnya, peserta juga akan diajak membahas mengenai APD dan perlengkapan TPS Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020 yang dipimpin oleh Divisi Perencanaan dan Logistik, Miftahur Rozaq,” tutur Insan.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

Pengumuman Hasil Penerimaan LPSDK Peserta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Tahun 2020

redaksi

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Melalui Gelar Seni Budaya Bersama TV 9

redaksi

KPU Surabaya Bersama GMNI Gelar Sosialisasi Tatap Muka

redaksi

Leave a Comment