SuaraKawan.com
Headline JT Trenggalek

Jadi Narsum Sosialisasi Covid-19, Kasatbinmas Polres Trenggalek Ungkap Metode 4M

Polres Trenggalek – Kepolisian Resort Trengglak turut ambi andil dalam sosialisasi peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang digelar di Balai pertemuan Kelurahan Sumbergedong Kabupaten Trenggalek. Selasa (8/9).

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum, Camat Trenggalek Drs. Kiki Wahyu Rezeki, S.Sos, Danramil 0806/01 Trenggalek Kapten Inf. Edi Mulyono, Kapolsubsektor Kota Ipda Tri Yanuk, S.H., perwakilan Satgas Covid-19 serta tiga pilar se Kecamatan Trenggalek.

AKP Suyono yang dalam kesempatan tersebut bertindak selaku salah satu nara sumber memaparkan aspek hukum dalam penegakan disiplin protokol kesehatan diantaranya adalah Instruksi Presiden  nomor 6 tahun 2020, Instruksi Mendagri nomor 4 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati Trenggalek nomor 31 Tahun 2020.

“Polri berperan melakukan pembinaan dengan tujuan agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam mencegah penyebaran Covid – 19, dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga, lingkungan RT, RW, Desa hingga Kecamatan dan Kabupaten.

Masih kata AKP Suyono, dalam menjalankan tugas penertiban protokol kesehatan, Satgas pengamanan dan penegakan hukum dilengkapi dengan surat tugas, uniform, blanko sanksi, serta dokumen pendukung lainnya yang diperlukan.

Sedangkan Sanksi pelanggar protokol kesehatan berupa teguran lisan/tertulis, kerja sosial, sampai penghentian usaha.

Pihaknya juga memberikan apresiasi dan penghargaan setingg-tingginya kepada gugus tugas Covid-19 dan tiga pilar yang terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala desa/lurah yang tak pernah lelah terus menyuarakan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat luas dan turun tangan secara langsung dalam upaya pencegahan dan penanganan dampak Covid-19.

“Untuk itu kami imbau kepada segenap masyarakat kabupaten Trenggalek untuk displin menerapkan 4 M. Menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak aman atau physical distancing dan terakhir menghindari kerumunan.” Imbuhnya

Pihaknya berharap dengan kegiatan ini, para tokoh masyarakat, tiga pilar hingga gugus tugas ditingkat desa/kelurahan semakin aktif dan semangat dalam mensosialisasikan protokol kesehatan sehingga Kabupaten Trenggalek bisa terbebas dari penularan Covid-19.

Sumber : Polres Trenggalek

Related posts

Jalinan Kerjasama Kamtibmas Antara Polri dan Perguruan Silat

redaksi

Tinjau Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka, AKP Puguh : Piranti Prokes di Sekolah Lengkap

redaksi

Polisi Hadir dalam Rapat Musdes, Penggunaan Anggaran Dialihkan pada Penanganan Covid-19

redaksi

Leave a Comment