SuaraKawan.com
Politik

AGAR PEMILIHAN SERENTAK 2020 BERJALAN LANCAR, KETUA KPU JATIM : PROVINSI TERUS KAWAL KABUPATEN/ KOTA

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Demi kelancaran penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di 19 KPU Kabupaten/ Kota berjalan lancar dan sukses, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) terus mengawal KPU Kabupaten/ Kota. Demikian diungkapkan Ketua KPU Jatim, Choirul Anam saat memberikan sambutan pada Rakor Persiapan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020 (7/9), di aula lantai II kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya.

Rakor dilaksanakan selama dua hari, Senin-Selasa, tanggal 7-8 September 2020 dengan melibatkan Divisi Data dan Informasi serta operator Sidalih dari 19 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur.

Ketua KPU Jatim menjelaskan salah satu tahapan krusial pasca penerimaan pendaftaran Bapaslon yakni salah satunya proses pemutakhiran daftar pemilih. “Pada tahapan pemutakhiran daftar pemilih ini akan banyak dinamika. Dinamika yang terjadi bisa jadi karena adanya perbedaan pandangan antara KPU Kabupaten/ Kota dengan Bawaslu Kabupaten/ Kota, atau harus menyelesaikan beberapa permasalahan yang itu tidak diatur di dalam peraturan,” kata Anam (7/9/2020).

Untuk itu, menurut Anam, pada tahapan ini kemampuan penyelenggara diuji agar bisa menyelesaikan permasalahan yang ada.

Berikutnya, mantan pengampu Divisi Data dan Informasi KPU Jatim di periode sebelumnya ini, mengingatkan jika finalisasi jumlah TPS harus selesai saat penetapan DPS.

“Finalisasi jumlah TPS harus selesai saat penetapan DPS di tingkat Kabupaten/ Kota. Kawan-kawan harus mampu mnyelesaikan di tingkat lokal dan bertanggungjawab terhadap yang sudah dilaksanakan. Kami, di Provinsi akan terus mengawal 19 KPU Kabupaten/ Kota agar penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kabupaten/ Kota dapat berjalan sukses dan lancar,” tegas Anam di akhir sambutannya.

(AACS)

Related posts

Rakor Debat Publik, Delapan Stasiun TV Siap Bantu Penyiaran

redaksi

Jelang Debat Publik Pertama, KPU Surabaya Adakan Rakor Terakhir

redaksi

Gencarkan Sosialisasi Melalui KPU Goes To Campus

redaksi