SuaraKawan.com
Trenggalek

Pimpin Apel Gabungan Satgas Disiplin Prokes, Camat Bendungan : Gakkum Sesuai Kearifan Lokal dan Bersifat Mendidik

Polres Trenggalek – Wujud sinergitas dan keseriusan aparatur pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 di wilayah Kecamatan Bendungan kian dimatangkan.

Guna mendukung optimalisasi tersebut, hari ini Satgas Disiplin Prokes Kecamatan Bendungan mengadakan apel gabungan guna menyatukan persepsi dan tindakan terkait implementasi Inpres Nomor 6 Tahun 2020.

Apel gabungan yang diselenggarakan di Pendapa Kecamatan Bendungan ini dipimpin oleh Forkopimca dan diikuti peserta dari para Kades, personel Polsek dan Koramil, Satpol PP, jajaran KRPH Sumurup serta Dompyong, Rabu (2/9/2020).

Camat Bendungan selaku pemimpin apel saat menyampaikan sambutannya menegaskan, bahwa aparatur pemerintah sudah dibekali dasar untuk melakukan penegakan hukum terhadap masyarakat yang melanggar ketentuan Prokes.

“Kita diberikan kewenangan untuk memberikan sanksi kepada masyarakat yang melanggar Inpres Nomor 6 Tahun 2020. Sanksi yang dijatuhkan tentunya sesuai dengan kearifan lokal, bersifat mendidik, dan menimbulkan efek jera,” tegas Nurkolik, S.ST yang juga Camat Bendungan ini.

Masih kata Nurkolik, budaya masyarakat yang mengadakan hajatan di bulan-bulan tertentu harus mendapat pengawalan Satgas agar penyelenggaraannya mengedepankan protokoler kesehatan.

“Warung makan, warung kopi, tempat-tempat nongkrong termasuk kawasan wisata di wilayah Bendungan wajib menyediakan tempat cuci tangan. Disampaikan terima kasih dari jajaran Polri sudah turun ke lapangan untuk memasang pamflet tentang imbauan Prokes. Program ini harus berkelanjutan,” tandas Nurkolik.

Di lokasi yang sama, Danramil Bendungan, Kapten Inf Supoto menyampaikan, bahwa penegakan hukum kepada pelanggar jangan sampai menimbulkan kontra produktif.

“Kita semua sepakat dengan penegasan bapak Camat bahwa penegakan hukum bersifat mendidik. Jajaran TNI siap mendukung,” ujar Kapten Supoto.

Sementara itu, di hadapan para peserta apel, Aiptu Nanang Edi Purwanto tak lupa menyampaikan permohonan maaf bahwa bapak Kapolsek Bendungan hari ini tidak bisa hadir di lokasi karena harus mengikuti agenda tugas di Mapolres Trenggalek.

“Tak mengurangi rasa hormat, kami atas nama pimpinan menyampaikan permohonan maaf karena bapak Kapolsek Bendungan hari ini tidak bisa hadir untuk mengikuti kegiatan ini. Di jam yang sama, beliau mengikuti agenda tugas di Mapolres Trenggalek dan tidak bisa diwakilkan,” kata Aiptu Nanang.

Di hadapan peserta pula Aiptu Nanang menegaskan, bahwa jajaran Polsek Bendungan siap bersinergi dan mendukung sepenuhnya upaya penegakan hukum sebagaimana Inpres Disiplin Prokes tersebut.

Sumber : Polres Trenggalek


Related posts

Polisi Upayakan Kamtibmas dan Aman di Obyek Vital dan Pertokoan

redaksi

Tinjau Serbuan Vaksinasi Nasional, Ini Pesan Kapolres Trenggalek

Wong Nggalek

Hanya Ada di Trenggalek, Sempol Mantap Mudahkan Pengurusan Sim

Wong Nggalek