SuaraKawan.com
Politik

JELANG PENDAFTARAN BAPASLON, KPU JATIM BERIKAN BIMTEK SILON

Divisi SDM dan Litbang, Rochani (kiri), Divisi Teknis Penyelenggaraan, Insan Qoriawan (tengah), Ketua KPU Jatim, Choirul Anam (kanan)

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Jelang memasuki masa pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) pada Pemilihan Serentak Lanjutan di 19 Kabupaten/ Kota (4-6/9), Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Pencalonan (Silon) selama dua hari, Rabu-Kamis (2-3/9). Bimtek dilakukan di aula lantai II kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya.

Peserta terdiri dari Divisi Teknis Penyelenggaraan serta Operator Silon dari 19 KPU Kabupaten/ Kota Penyelenggara Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020.

Tepat pukul 10.00 WIB acara dimulai dengan pembukaan. Ketua KPU Jatim, Choirul Anam saat memberikan sambutan mengungkapkan bahwa tujuan diadakan bimtek ini yang pertama, untuk menyamakan persepsi dan pemahaman mengenai peraturan-peraturan yang terkait dengan Pencalonan.

“Utamanya Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2020 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. Serta Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana NonAlam Covid-19, dan Keputusan KPU Nomor 412 Tahun 2020 yang baru keluar tadi malam,” papar Anam (2/9/2020).

Tujuan kedua, untuk memberikan pembekalan pada operator Silon. “Mengingat pada Pemilihan Tahun 2020, data Bapaslon diinput oleh Koordinator Silon KPU Kabupaten/ Kota,” katanya.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pengarahan dari Komisioner KPU Jatim, Divisi SDM & Litbang, Rochani serta Divisi Perencanaan & Logistik, Miftahur Rozaq.

Setelah sesi pengarahan umum, acara berikutnya yakni materi dari Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan. Mengawali sesinya, Insan mengajak peserta untuk membahas perkembangan persiapan tahapan Pencalonan serta membahas Daftar Inventaris Masalah (DIM) SK Kepengurusan Partai Politik. Berikutnya, peserta diajak untuk membahas dan menyamakan pemahaman mengenai Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2020, Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020, Keputusan KPU Nomor 412 Tahun 2020, serta peraturan lain yang menyangkut dengan tahapan Pencalonan.

Sementara itu, dihari kedua, peserta akan mendapatkan pembekalan mengenai Silon, yang disampaikan oleh Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Jatim, Eddy Prayitno.

(AACS/Hais)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

KPU JATIM BERSAMA 19 KABUPATEN/ KOTA EVALUASI PENYUSUNAN DPS PEMILIHAN SERENTAK LANJUTAN 2020

redaksi

KOMITMEN SELENGGARAKAN PEMILIHAN DENGAN AMAN & SEHAT, 340.249 KPPS DI JAWA TIMUR JALANI RAPID TES

redaksi

Bersama Komeng, KPU Surabaya Ajak Masyarakat Datang Ke TPS

redaksi

Leave a Comment