SuaraKawan.com
Trenggalek

Fokus terhadap Pemeliharaan Kawasan Hutan, AKP Puguh : agar Masyarakat Mengerti Akibatnya Sekaligus Handarbeni

Polres Trenggalek – Upaya aparatur pemerintah Kecamatan Bendungan untuk memelihara kelestarian hutan dan lahan di wilayahnya bukan isapan jempol semata.

Usai menggelar apel gabungan Satgas Disiplin Prokes yang dipusatkan di Pendapa Kecamatan Bendungan pagi tadi, jajaran TNI Polri, Satpol PP, dan KRPH Bendungan melanjutkan kegiatannya dengan melaksanakan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan, Rabu (2/9/2020).

Berbekal beberapa lembar spanduk dan pengeras suara, personel gabungan ini pun menyasar kawasan padat penduduk untuk memberikan imbauan agar warga tak sembarang melakukan pembakaran di kawasan hutan dan lahan terutama milik Perhutani.

Disinggung mengenai kegiatan tersebut, Kapolsek Bendungan AKP Puguh Wardoyo, S.H.,M.H. menegaskan, bahwa kegiatan itu merupakan lanjutan dari pelaksanaan sosialisasi yang pernah dilaksanakan sebelumnya.

“Kami bekerja sama dengan unsur terkait terus mengadakan sosialisasi tentang pencegahan kebakaran hutan. Yang dilaksanakan hari ini merupakan tahap lanjutan dari kegiatan sebelumnya. Fokus materi tentang penerapan sanksi pidananya,” terang AKP Puguh.

Masih kata AKP Puguh, di spanduk sosialisasi memang sengaja dicantumkan sanksi pidana perusakan hutan dan lahan yakni ancaman hukuman 15 tahun penjara dan denda maksimal 10 miliar rupiah, tujuannya agar masyarakat paham sekaligus ikut handarbeni terhadap kelestarian hutan di wilayah Kecamatan Bendungan.

“Sanksi pidananya sudah cukup jelas. Hal itu agar masyarakat mengerti tentang akibatnya sehingga ikut berupaya menjaga kelestarian kawasan hutan di wilayah Bendungan,” tandasnya.

Usai melaksanakan imbauan di permukiman penduduk, tim gabungan pun bahu-membahu melaksanakan pemasangan spanduk tersebut di lokasi strategis.

“Sosialisasi dilanjutkan pemasangan spanduk oleh tim gabungan di kawasan padat penduduk dan wilayah hutan masuk Desa Surenlor. Harapannya bisa terpantau dengan mudah oleh masyarakat,” pungkasnya.

Sumber : Polres Trenggalek

Related posts

Pemeriksaan di Chek Point Terminal Durenan Masih Berlangsung

redaksi

Gunakan Masker sebagai Alat Pelindung Diri dari Covid-19

redaksi

Hadir di Pertemuan PKK, Bhabinkamtibmas Ngerdani lakukan Sosialisasi

redaksi

Leave a Comment