SuaraKawan.com
Trenggalek

Kebersihan Implementasi Disiplin Protokol Kesehatan

Polres Trenggalek – Selalu jaga kebersihan tangan. Bersihkan tangan dengan hand sanitizer atau menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Cara mencucinya pun harus sesuai dengan standar yang ada, yaitu meliputi bagian dalam, punggung, sela-sela, dan ujung-ujung jari. Hal itu dikatakan Aiptu Imam Mansur anggota Polsek Pule Polres Trenggalek dalam menggiatkan disiplin protokol kesehatan kepada warga di wilayah Pule, itu pada Senin ( 31/8 ).

Aiptu Mansur dalam kegiatan kemarin mengatakan, Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir. Risiko penyebaran dan penularan virus Corona masih menjadi ancaman. Sejak diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), memang angka penularan Covid-19 menunjukkan penurunan. Beberapa daerah pun mulai berencana akan tidak lagi memberlakukan PSBB.

Namun pada kenyataan pendemi virus Corona belum berakhit dan masih mengintai setiap waktu. berarti kita harus ‘hidup berdampingan’ dengan virus Corona sambil melakukan aktivitas sehari-hari dengan adaptasi yang baru. Yaitu dengan tetap memiliki kewaspadaan tinggi agar tidak tertular Covid-19.

Salah satunya dengan mematuhi dan melakukan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan oleh pemerintah.
Pemerintah sendiri sudah menerbitkan disiplin protokol kesehatan dengan Inpres nomor 6 tahun 2020 tentang disiplin protokol kesehatan cegah Covid-19.

Hindari menyentuh area wajah, khususnya mata, hidung, dan mulut yang menjadi jalan masuk bagi penularan virus dan Terapkan etika batuk dan bersin. Dengan cara tutup mulut dan hidung menggunakan lengan atas bagian dalam. Bisa juga menutup mulut dan hidung menggunakan kain tisu yang setelahnya harus langsung dibuang ke tempat sampah.

Pakai masker. Jika menggunakan masker medis, maka hanya bisa digunakan 1 kali dan harus segera diganti. Buang masker medis di tempat sampah yang tertutup dan cuci tangan setelahnya. Bagi yang mengguakan masker kain, jangan lupa untuk rutin mencucinya. Hal itu dikatakan Aiptu Mansur yang terakhir dalam mematuhi diantara kewajiban disiplin protokol kesehatan.

Sumber : Polres Trenggalek


Related posts

Kapolres Trenggalek Siap Tindak Lanjuti Arahan Wakapolri Terkait Penanganan Covid-19

redaksi

Wakapolsek Pimpin Patroli Pendisiplinan Protokol Kesehatan

redaksi

Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Libur Panjang, Ini Yang Disampaikan Kapolres Trenggalek

Wong Nggalek