SuaraKawan.com
Politik

2 BUKU TERBITAN KPU KABUPATEN PACITAN MAMPU GAMBARKAN DETAIL PROSES PEMILIHAN

Komisioner KPU RI sekaligus Divisi Sosdiklih dan Parmas, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi

 

Jakarta, kpujatim.go.id- Dua (2) buku terbitan KPU Kabupaten Pacitan yang berjudul Buku Putih Pilbup Pacitan 2020 dan Bunga Rampai Pilbup Pacitan 2020, mampu memberikan gambaran yang detail terkait proses penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020.

Demikian disampaikan Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi pada Launching dan Bedah Buku Putih Pilbup Pacitan 2020 dan Bunga Rampai Pilbup Pacitan yang diselenggarakan secara virtual (16/6).

Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU RI ini juga menyampaikan bahwa regulasi perundangan dan peraturan KPU bersifat umum, namun diimplementasikan di masing-masing daerah yang memiliki karakter, kondisi sosiologis, dan kultural yang berbeda. Sehingga ini menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara.

“Kami mengapresiasi penyelenggara di Jawa Timur yang mampu menjawab tantangan ini. Penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Jawa Timur relatif berjalan lancar, tidak ada permasalahan yang signifikan, dan tidak ada PSU. Tentu proses penyelenggaraan dan pengalaman-pengalaman yang ada ini penting untuk diinventarisasi kemudian menjadi bahan kajian dan masukan untuk 2024. Dan apa yang dilakukan KPU Kabupaten Pacitan dengan menerbitkan buku ini menjadi satu langkah bagus,” ungkap Komisioner KPU RI ini (16/6/2021).

Berikutnya, terkait dengan Buku Putih Pilbup Pacitan 2020, menurut ulasan Dewa, buku tersebut sangat baik kualitasnya. “Bagaimana tidak, buku ini bisa menceritakan proses pemilihan dengan sedetail-detailnya dan runtut. Model penulisan dalam buku juga singkat, padat dan jelas untuk dipahami. Desainnya pun sudah bagus,” papar Dewa.

Sementara untuk buku Bunga Rampai Pilbup Pacitan 2020, sebagaimana dijelaskan Dewa, bisa menampilkan tulisan-tulisan, pengalaman penyelenggara, serta dinamika yang terjadi di lapang. Semua penulis pun terlihat mampu berkontribusi menyampaikan pemikirannya ke dalam karya tulis.

Mengakhiri ulasannya, Dewa berharap kegiatan pendokumentasian pengalaman penyelenggaraan pemilihan dalam bentuk buku ini, dilakukan oleh KPU Kabupaten/ Kota lainnya dan menjadi bahan masukan bagi Pemilihan 2024.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

Kelas Teknis Sesi 14 Bahas Pemungutan Suara

redaksi

Pengumuman Hasil Penelitian Keabsahan Dokumen Persyaratan Calon Atas Nama Eri Cahyadi Dan Armuji Dalam Pemilihan Wali Kota Dan Pemilihan Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Surabaya Tahun 2020

redaksi

KPU Surabaya Gelar Seminar Tahapan Kampanye

redaksi