Yuri Gagarin dan Sejarah Pesawat Luar Angkasa

Tidak ada komentar 8 views

Hari ini, 50 tahun lalu, Yuri Gagarin berhasil menjelajah luar angkasa. Tepatnya tanggal 12 April 1961. Kosmonot dari negara Uni Soviet itu merupakan orang pertama kali yang berhasil menerobos langit bumi, menjelajah angkasa, menggunakan pesawat VOSTOK 3KA-3 atau lebih dikenal dengan sebutan VOSTOK-1.

Waktu itu Gagarin berada di orbit selama sekitar 108 menit dan kemudian kembali ke bumi dengan selamat. Itulah tonggak sejarah penjelajahan manusia ke luar angkasa. Setelah itu Presiden Amerika John Fitzgerald Kennedy sangat terobsesi untuk mengirimkan astronotnya ke bulan.

Sayang sekali, tujuh tahun kemudian Gagarin meninggal dunia dalam usia 34 tahun. Ia mengalami kecelakaan ketika mengemudikan pesawat MIG-15, jatuh di Moskow.

Setelah Yuri Gagarin berhasil menjelajah luar angkasa, beberapa negara terus berlomba-lomba mengembangkan teknologi pesawat yang bisa menembuas luar angkasa. Berikut ini beberapa jenis pesawat luar angkasa yang pernah dikembangkan manusia, seperti dilansir oleh NASA.

See the spaceships that have launched astronauts and cosmonauts into space in the first 50 years of human spaceflight.

Nah, negara lain sudah berhasil menembus luar angkasa, bagaimana dengan Indonesia? Bisakah kita mengejar ketertinggalan ini? Semua tergantung kepada Anda, para generasi muda! (buo)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Yuri Gagarin dan Sejarah Pesawat Luar Angkasa"