Yunani Resuffle Kabinetnya

menteri pertahanan Yunani

ATHENA (suarakawan.com)-Perdana Menteri Yunani George Papandreou mengganti menteri keuangannya dalam perombakan kabinet besar-besaran untuk menghindarkan Yunani dari krisis bencana yang lebih parah.

Posisi  kritis Yunani oleh George Papaconstantinou sejak
krisis utang dimulai pada akhir tahun 2009, sekarang akan diambil alih  oleh Menteri Pertahanan Evangelos Venizelos, seorang tokoh  terkemuka dalam Partai Sosialis, yang menantang Papandreou untuk  kepemimpinan partai empat tahun lalu.

Venizelos, seorang profesor hukum 57 tahun konstitusi, dianggap saingan utama internal Sosialis Papandreou. Seorang  veteran dari beberapa kementerian, ia menangani jangka panjang untuk hosting  Yunani dari Olimpiade pada tahun 2004 sebagai menteri kebudayaan, dan  juga memegang portofolio keadilan, pembangunan dan transportasi di masa  lalu.

Papaconstantinou, yang  menjadi populer secara luas saat ia mengenakan pemotongan anggaran dan  kenaikan pajak sebagai bagian dari kesepakatan talangan internasional,  pindah ke lingkungan dan pelayanan energi.

Portofolio  pemerintah juga didistribusikan untuk menjawab tuntutan reformasi lebih  cepat dari monitor utang Yunani di Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional. Sebuah pelayanan baru untuk reformasi administrasi diciptakan untuk membantu sektor publik negara itu yang membengkak untuk kembali normal.

Reshuffle  adalah upaya Papandreou terbaru untuk menangani krisis politik dan keuangan yang parah. Kekhawatiran  bahwa Yunani akan
gagal membayar utangnya segera menimbulkan ketakutan investor sepanjang  dunia selama beberapa hari terakhir, membuat euro dan harga saham  melemah tajam.(AP/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *