Yuk, Sumbang PDS HB Jassin Melalui SMS

JAKARTA (suarakawan.com)-Setelah terungkap kondisi PDS HB Jassin yang mengenaskan karena dana subsidi dari pemerintah terus menurun, munculah respon positif dari berbagai kalangan masyarakat. Selain munculnya gerakan koin sastra,  ada juga pihak swasta yang turut peduli. Salah satunya adalah PT XL Axiata Tbk (XL)  yang melenggarakan SMS Donasi Sastra.

Dalam rilis yang suarakawan.com terima, GM Sales Jabotabek XL, Haryo Wibowo mengatakan XL berharap program SMS Donasi Sastra ini bisa mempermudah masyarakat khususnya pelanggan untuk ikut memberikan dukungan Pusat Dokumentasi Sastra HJ Jassin dalam mengelola warisan dokumen sejarah perjalanan sastra Indonesia.

Cara memanfaatkan program ini sangat mudah. Pelanggan XL tinggal mengirimkan SMS, ketik:  SASTRA dan kirim ke nomor 2000 (pulsa akan terpotong Rp.2.200, sudah termasuk PPN 10%) atau 5000 (pulsa akan terpotong Rp.5.500, sudah termasuk PPN 10%).

Hasil penggalangan donasi melalui Program SMS Donasi Sastra ini selanjutnya akan diserahkan ke PDS HB Jassin atas nama pelanggan XL. Program SMS Donasi ini akan dibuka mulai 22 Mei hingga 30 juni 2011.

Kepala Pelaksana PDS HB Jassin, Ariany Isnamurti mengatakan, ”PDS HB Jassin asalah salah satu rujukan utama bagi kita jika hendak meneliti perjalanan sastra Indonesia. Tempat lain yang memiliki koleksi dokumen yang lengkap ada di Museum Leiden, Belanda. Karena ini semua adalah warisan yang sangat bernilai bagi kita termasuk juga generasi penerus kita di masa datang, kami akan sangat terbuka bagi siapapun untuk ikut memelihara koleksi PDS HB Jassin.”

PDS HB Jassin merupakan salah satu pusat rujukan perjalanan sejarah Sastra Indonesia. Lembaga yang dirintis oleh mendiang HB Jassin ini memiliki koleksi puluhan ribu dokumen perjalanan sastra Indonesia. Bukan hanya buku dan materi karya sastra yang tersimpan di sana, namun juga catatan dan berbagai materi yang menyertai lahirnya karya-karya sastra Indonesia, yang kemungkinan tidak dikoleksi oleh perpustakaan pada umumnya. (nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *