Yuk, Bersama Lestarikan Dolanan Anak!

Tidak ada komentar 10 views

SURABAYA – Lebih dari 25 sekolah menengah pertama (SMP), baik negeri maupun swasta dari berbagai kota Jawa Timur mengikuti olimpiade dolanan anak anak yang di selenggerakan di SMP Barunawati Surabaya, Minggu (27/3).

Dipilihnya dolanan anak anak ini menurut, Wakil Kepala Sekolah Barunawati, Yohanes, sebagai wujud kecintaan terhadap budaya bangsa khususnya dolanan anak anak seperti, engkle, gobak sodor, permainan egrang batok dan dakon serta permainan permainan lainnya.

“Ini sekaligus kembali memperkenalkan pada semua siswa bahwa Indonesia mempunyai permainan seperti ini untuk anak anak. Mengapa kita kenalkan? karena banyak siswa yang tidak tahu dolanan anak anak jaman dulu.” terang Yohanes.

Lanjut Yohanes, saat ini anak anak sudah banyak mahir mencari hiburan atau dolanan yang lebih canggih, seperti playstation, internet, bahkan menjalankan permainan hanya menggunakan handphond.

Ani, salah satu siswi SMP asal Lamongan, mengaku senang dengan permainan egrang batok. Sebab di lingkuannya sudah tidak pernah dijumpai yang namanya egrang dari batok. “Ya baru tahu ini Mas, kalau ada permainan batok. Saya baru pertama kali ini nyoba. Biar kalah tapi seneng banget”, terang Ani.

Acara yang bertajuk ‘Satukan Hati Cintai Negeri’ ini akan diselenggarakan setiap setahun sekali dan diharapkan anak anak Indonesia tetap mempertahankan permainan asli pribumi ini. (bs/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Yuk, Bersama Lestarikan Dolanan Anak!"