YPPI Bedah Buku Taman Api

Tidak ada komentar 10 views

SURABAYA(suarakawan.com)-Apa yang ada dalam pikiran anda ketika menyebut kata waria ? pada umumnya, yang langsung muncul di pikiran adalah sosok pria yang berpenampilan wanita yang sehari-hari menjalani hidupnya dengan -maaf- menjadi pekerja seks.

Ya, tak bisa dipungkiri stigma negatif akan keberadaan waria masih begitu lekat di pikiran masyarakat kita. Terlebih pada tokoh-tokoh agama yng seharusnya keberadaannya memberikan solusi kehidupan, bukannya malah memprovokasi aksi anarki atas nama agama.

Anggapan sebagai patologi sosial, perusak moral, pencemar kesehatan, dan menyalahi kodrat Tuhan membuat kaum waria terpinggirkan dan terisolasi. Walhasil, kehidupan mereka pun tak banyak diketahui khalayak.

Untuk itu, Yonathan Rahardjo mengungkap berbagai sisi kehidupan waria dalam Novelnya yang berjudul Taman Api. Taman Api menggambarkan sisi-sisi tersembunyi kehidupan waria yang demikian kompleks.

Dengan pendekatan kritis, novel ini tak hanya menyuguhkan “abnormalitas” kehidupan waria dari beragam segi, tapi juga menguak praktik-praktik picik dan ilegal yang menempatkan kaum waria sebagai obyek penderita: misi rahasia berkedok agama untuk melenyapkan waria melalui bisnis gelap bedah kelamin berikut segenap teknologi turutannya.

Alih alih membuat kening anda berkerut saat membaca, dengan gaya penulisan yang khas dipadu pendekatan investigatif dan konspiratif, rahasia-rahasia yang menyembul dari novel ini ihwal sisi-sisi kabur kehidupan waria dengan segudang problematikanya akan membuat Anda terperangah tiada terkira.

Penasaran ? Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia menggelar bedah buku Taman Api dengan penulisnya. Bedah buku ini digelar di Kantor YPPI Perumahan Rungkut Permai Asri Barat x/9 pada tanggal 30 Mei 2011 pukul 3 sore.

“Bedah buku ini gratis, bahkan pengunjung akan dapat sertifikat, snack dan ilmu tentunya, ungkap Trini Haryanti, Direktur YPPPI, Rabu (18/05). (jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "YPPI Bedah Buku Taman Api"