Yayasan Satu Daun Beri Sponsorship Untuk Jurnalis Lingkungan

rusaknya hutan mangrove akibat pembalakan liar

SURABAYA (suarakawan.com) – Untuk memantau kerusakan lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati di Indonesia, Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) dan Yayasan Satu Daun Pasuruan, akan beri bantuan dana peliputan untuk jurnalis.

“Dana bantuan peliputan yang dirupakan dana sponsorship itu, dapat diikuti oleh para jurnalis cetak dan online di Indonesia,” kata Bibin Bintariadi Koordinator SIEJ Simpul Jatim, Senin (11/07).

Menurut Bibin, untuk tahap awal, jurnalis yang akan diberikan kesempatan mendapat sponsor, hanya 10 orang. Sebelum mereka mendapatkan sponsorship, mereka harus mengajukan proposal ke SIEJ dan Yayasan Satu Daun.

“Proposal itu penting, untuk menentukan jurnalis itu layak atau tidak ikut dalam agenda peliputan kerusakan keanekaragaman hayati di Indonesia,” tegas Bibin.

Peran jurnalis sangat penting dalam menyampaikan informasi ke masyarakat, khususnya tentang kondisi kerusakan lingkungan yang terjadi di bumi ini. Untuk itu, sudah wajar kalau SIEJ dan Yayasan Satu Daun memberikan reward pada para jurnalis, yang sudah berpartisipasi aktif, dalam peliputan tentang keanekaragaman hayati yang sudah rusak.

“Dengan program fellowship itu, diharapkan ke depan akan ada peningkatan kualitas peliputan dan penulisan berita lingkungan di kalangan para jurnalis,” kata Bibin.

Rencananya, hasil dari peliputan para jurnalis itu, juga akan diterbiktkan dalam sebuah buku, yang nantinya akan diserahkan pada para pemangku kebijakan dan kepentingan tentang keanekaragaman hayati di Jawa Timur. (jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Yayasan Satu Daun Beri Sponsorship Untuk Jurnalis Lingkungan"