Wujudkan Smart Eco Campus, ITS Tanam 300 Pohon

its1

SURABAYA (suarakawan.com) – Civitas akademika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, menanam 300 pohon di sepanjang area target hutan kampus untuk mewujudkan slogan baru “ITS Smart Eco Campus”.

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD mengatakan kegiatan tanam pohon itu merupakan satu agenda dari hajatan akbar ITS Go Green 2016. Jajaran pimpinan ITS, alumni, dan mahasiswa baru dilibatkan untuk ambil bagian menyukseskan program ITS Smart Eco Campus.

Joni menambahkan adalah sebuah keharusan bagi semua elemen untuk ambil bagian dari pemerhati lingkungan. Hutan kampus nantinya bisa jadi bagian dari proses pendidikan. Sebab kampus adalah tempat transfer ilmu berlangsung.

“Dengan adanya ITS Go Green 2016 kita semua bisa belajar dan mengetahui berbagai jenis pohon,” ujarnya.

Saat ini, ITS sudah memiliki hutan kampus seluas 43 hektare dari total 126 hektare luas lahan yang dimiliki. Itu artinya, kebutuhan minimum ruang hijau sudah terpenuhi. Namun, lanjut Joni, dengan semakin banyak pohon maka ITS bisa turut menyumbang lebih banyak udara segar bagi bumi ini.

“Ditambah perbaikan perilaku individu juga penting untuk bisa ramah dengan lingkungan,” pesannya kepada mahasiswa baru.

Senada dengan Joni, Dra Dian Saptarini Msc, Ketua ITS Eco Smart Campus, mengatakan acara ITS go Green 2016 ini tidak hanya untk menjadikan kampus berwarna hijau. Tapi bagaimana semua elemen bisa menerapkan gaya hidup cinta lingkungan di kehidupan sehari-hari.

Dengan dihadiri 3.200 mahasiswa baru, Dian berharap ITS mampu secara bersama-sama mewujudkan lingkungan yang hijau dan ramah. Di ITS sendiri, lanjutnya, sudah ada 12000 pohon. “Ditambah hari ini ada 300 pohon dan menyusul akan ada seribu pohon baru lagi,” ungkapnya.

Kegiatan penanaman pohon rupanya berjalan atas bantuan dari berbagai pihak seperti Das Berantas yang membantu pemberian bibit yang akan ditanam di hutan kampus ITS. Ada pula dari alumni ITS yang bekerja di PT Pembangunan Perumahan (PP) yang memberikan bunga. Termasuk juga PT Pertamina Gas menyumbang taman untuk asrama mahasiswa ITS.

“Menanam itu sebentar tapi merawatnya yang sulit. Membutuhkan usaha,” kata Dian. (ant/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Wujudkan Smart Eco Campus, ITS Tanam 300 Pohon"