Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Wow, Menteri Susi Masuk BBC 100 Women

07 Oct 2017 // 21:27 // HEADLINE, MARITIM & LAUT

menteri-kelautan-dan-perikanan-susi-pudjiastuti_20170921_031950

JAKARTA (suarakawan.com) – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, ditahbiskan BBC sebagai salah seorang dari 100 Women—daftar berisi perempuan-perempuan dunia yang berpengaruh dan menginspirasi banyak orang.

Di sebidang tembok di Solo, Jawa Tengah, sosoknya dilukiskan mirip dengan Wonder Woman, pahlawan super dari Amerika Serikat. Bahkan, ada sebuah komik di Jepang yang menggambarkan karakter Susi sebagai sosok tegas yang memberantas kejahatan.

Penggambaran Susi seperti ini kental terasa di media sosial, yang sering tampak dirancang dengan baik. Pada saat bersamaan, dia tampak mengguncang tatanan politik Indonesia yang konservatif.

“Saya tidak mencoba menyesuaikan diri dengan cara berpolitik yang sudah-sudah. Saya tidak akan sukses jika saya mencoba untuk menjadi orang lain,” ujarnya seraya tertawa dengan suara paraunya yang khas.

“Sejauh ini tidak mudah, namun kini saya melihatnya sebagai sebuah keuntungan. Sejak awal saya sudah memutuskan bahwa saya harus terbuka, terbuka, terbuka.”
“Saya tidak mengubah diri saya karena saya pikir arus yang saya lawan terlalu kuat dan saya akan ditelan.

Saat Presiden Joko Widodo ditanya mengapa meminta Susi Pudjiastuti untuk menempati posisi menteri tiga tahun lalu, dia menegaskan bahwa dirinya perlu “orang gila untuk membuat terobosan”.
Predikat itu kian kuat saat Susi menetapkan kebijakan peledakan kapal asing penangkap ikan ilegal di perairan Indonesia.

Aksi tersebut disambut warga Indonesia dengan respons positif. Di negara yang penduduknya tak berharap banyak pada politikus dan birokrat, Susi mendapat banyak sanjungan.

Susi Pudjiastuti mengaku gagasan untuk meledakkan kapal yang menangkap ikan secara ilegal di perairan Indonesia adalah idenya.

Tayangan video Susi yang sedang berjoget mengikuti irama lagu The Beatles di geladak kapal Angkatan Laut setelah melakukan inspeksi dan fotonya yang sedang menyeruput kopi di tengah laut menjadi viral. Jajak pendapat menunjukkan bahwa dia sangat populer di kalangan masyarakat.

Namun, setiap kali muncul kabar mengenai perombakan kabinet, gosip bahwa Presiden Jokowi mendapat tekanan untuk menggusur Susi selalu mengemuka. Para pengritik Susi menilai kebijakan-kebijakan perempuan itu tidak dipikirkan dengan matang.

Ketika BBC menghubunginya, dia baru saja kembali dari laut dan terlambat dari jadwal wawancara.

“Maaf saya ketiduran setelah dari laut hari ini. Saya di laut, berenang dan berselancar,” ujarnya.

“Saya harus menyisihkan satu hari untuk lari sejenak dari semuanya. Laut adalah tempat terbaik untuk itu.”

Apa yang dimaksud dengan BBC 100 Women?
BBC 100 Women adalah daftar tahunan berisi 100 perempuan berpengaruh dan menginspirasi di dunia. Pada 2017, kami menantang mereka untuk menghadapi empat masalah yang terbesar yang dihadapi kaum perempuan saat ini, rintangan bagi perempuan untuk maju, melek huruf, pelecehan di tempat umum, dan seksisme di dunia olahraga.

Dengan bantuan Anda, mereka akan
mengeluarkan solusi konkret dan kami ingin Anda terlibat dengan gagasan-gagasan Anda sendiri. Temui kami di Facebook, Instagram, dan Twitter. Gunakan tagar #100Women

Dia mengaku kini hidupnya dalam sorotan terus-terusan. Jabatan menteri kelautan dan perikanan biasanya jauh dari perhatian, namun sosok Susi menarik banyak perhatian. Dan di media sosial perhatian itu tidak selamanya positif bagi perempuan yang terlibat dalam dunia politik.

“Ketika foto saya sedang merokok di sudut istana sesaat setelah saya ditunjuk sebagai menteri menjadi viral, saya membaca ribuan komentar negatif,” papar Susi.

“Mereka berkata, ‘Anda adalah seorang ibu, Anda dikenal banyak orang, putri saya sangat mengidolakan Anda tetapi kini saya khawatir putri saya akan merokok seperti Anda!”

“Saya merasa nggak enak, sehingga saat berjanji untuk berhenti. Ya, setidaknya saya nggak pernah merokok di depan umum lagi,” katanya sembari terbahak.

Selain foto merokok, ada pula foto yang menampilkan foto tato di kakinya. Foto tersebut kemudian dicuitkan Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, yang membandingkannya dengan sosok preman, bandit jalanan.

“Jelas ada stigma terhadap perempuan bertato di Indonesia. Namun, saya punya tato lebih dari 30 tahun lalu. Dan teman-teman saya juga punya (tato) dan mereka orang baik-baik,” tegas Susi.

“Awalnya saya mencoba memakai baju yang menutupi tato saya, seperti rok panjang atau celana panjang. Tapi saya jadi gila sendiri.”

“Selama dua tahun terakhir, berat badan saya naik hampir 9kg. Saya pun dihakimi soal itu. Tapi saya tak mau lagi memikirkannya.”

Meledakkan kapal

Ketimbang bergunjing soal dirinya, Susi ingin masyarakat lebih fokus kepada apa yang dia kerjakan untuk menghentikan penangkapan ikan ilegal.

Gagasan untuk meledakkan kapal yang menangkap ikan secara ilegal di perairan Indonesia adalah idenya.

“Kita perlu efek kejut. Kita punya wilayah yang sangat besar untuk diawasi, mustahil untuk benar-benar mengawasinya,” kata Susi.

Dia pun memutuskan untuk meledakkan kapal-kapal yang kedapatan menangkap ikan.

“Saya kira tidak ada orang yang gembira ketika melihat kapalnya diledakkan. Tapi itu adalah taktik untuk mengejutkan dan mengggentarkan.”

Selama menjabat menteri kelautan dan perikanan, Susi telah memerintahkan peledakan ratusan kapal, termasuk dari Cina yang menyebut perairan di sekitar Kepulauan Natuna adalah wilayah tradisional Cina dalam menangkap ikan.

Hal ini memicu ketegangan diplomatik antara kedua negara sekaligus kecaman dari DPR bahwa ia bersikap terlalu keras .
“Saya tidak tahu berapa besar masalahnya dan siapa saja pihak-pihak yang terlibat. Saya tidak benar-benar memikirkannya.”

Akan tetapi, dia berkeras bahwa data menunjukkan bahwa strateginya menunjukkan keberhasilan dan persediaan ikan meningkat.

Upayanya menuai pujian dari pegiat lingkungan dan aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio. Meski demikian, pengritiknya menilai aturan-aturan yang dia terapkan telah menyusahkan nelayan lokal.

Di bidang politik, kata Susi, ada rintangan yang menghalangi perempuan untuk maju menjadi pemimpin. Namun, dia mengaku dibesarkan untuk menganggap dirinya setara dengan pria.

Ibunya kabur dari rumah saat berusia 12 tahun untuk menghindari perjodohan paksa dengan pria yang lebih tua.

“Saat itu tahun 1930-an dan hal seperti itu terjadi,” ungkapnya.

“Dia hidup bersama biarawati selama beberapa tahun dan belakangan menikah di usia yang tak lagi muda. Umurnya 32 tahun ketika dia melahirkan saya.”

Di sebidang tembok di Solo, Jawa Tengah, sosok Susi Pudjiastuti dilukiskan mirip dengan Wonder Woman, pahlawan super dari Amerika Serikat.

Dibesarkan di Pangandaran, Jawa Barat, Susi mengaku orang tuanya mendidiknya dengan disiplin ketat dan tidak memperlakukannya berbeda dengan saudara laki-laki.

“Mereka tidak pernah berkata ‘ini urusan laki-laki, ini urusan perempuan.’ Mereka memperlakukan kami setara. Itu sangat membantu saya,” paparnya.

“Itulah yang saya katakan kepada organisasi-organisasi hak perempuan. Jika kamu masih sibuk berbicara soal perbedaan, kita tidak akan maju. Hentikan halangan di benak kamu dulu. Saya kira tidak memikirkan hal itu terlalu banyak kadang bagus juga.”

“Kehidupan telah memungkinkan saya melakukan hal-hal yang saya ingin lakukan.” (bbc/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda


  • Terkini