Weekend di Rumah Bisa Pererat Hubungan Keluarga

JAKARTA (suarakawan.com) – Sudah mau weekend nih. Mungkin Anda sudah memiliki rencana untuk pergi keluar kota bersama orang yang Anda cintai? Namun bagi beberapa orang, liburan keluar kota masih menjadi sesuatu yang terasa mahal. Dan tidak semua keluarga memiliki waktu untuk keluar kota.

Bagi Anda yang belum punya rencana ke mana-mana, menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah juga bisa menjadi pilihan lho. Menurut penelitian dari Pat Tanner Nelson, seorang profesor dari Universitas Delaware, menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah justru akan semakin mempererat hubungan antaranggota keluarga.

1. Memasak dan makan bareng.

Dapur merupakan salah satu tempat “sakral” di rumah. Ajaklah anak Anda untuk ikut memasak di dapur. Ajari mereka bagaimana proses membuat makanan, sehingga mereka lebih menghargai makanan yang mereka santap. Mulai carilah resep yang sesuai, dan berikan tugas kepada anak-anak Anda sesuai umur mereka. Setelah itu, ajaklah mereka makan bersama-sama. Studi menunjukkan, anak-anak yang menghabiskan waktu makan bersama dengan keluarga, akan lebih gampang makan buah dan sayur, serta semakin tertarik untuk mencicipi makanan baru.

2. Membetulkan perangkat di rumah yang rusak

Apakah ada keran air di rumah yang rusak? Atau ada cat tembok rumah yang mengelupas? Mungkin buat Anda, hal ini terkesan mengesalkan. Tapi bagi anak-anak, mereka akan sangat senang jika Anda melibatkan mereka saat membetulkan keran rusak atau mengecat tembok. Ini juga menjadi kesempatan bagi Anda untuk mengedukasi anak dengan pengetahuan-pengetahuan menarik yang berhubungan dengan

3. Membuat Prakarya

Tinggalkan tablet, handphone, serta gadget Anda selama setengah hari! Ajak anak Anda mengasah serta menggali kreativitas lebih dalam dengan membuat prakarya. Tahukah Anda, jika dengan berprakarya, Anda bisa melatih otot motorik anak? Tidak hanya itu, berprakarya merupakan rangkuman dari begitu banyak sumber ilmu. Mulai dari ilmu pengetahuan, matematika, keterampilan, hingga bahasa. Dalam berprakarya, bisa jadi Anda bisa menemukan bakat terpendam serta visi anak Anda ke depan, dilihat dari prakarya apa yang anak Anda ciptakan. Luar biasa bukan?

4. Bermain Board Game

Bermain board game juga bisa menjadi salah satu pilihan menarik bagi keluarga Anda untuk menghabiskan akhir pekan di rumah. Mungkin buat anak-anak zaman sekarang, board game dianggap sebagai sesuatu yang sudah kuno. Padahal sebetulnya, banyak manfaat juga loh dari bermain board game, terutama dari sisi sosial. Board Game mengajarkan anak Anda untuk belajar berkomunikasi, saling berbagi, bersabar menunggu giliran. Tidak hanya itu, board game juga bisa merangsang kemampuan fokus si kecil.

5. Nonton televisi bersama

Sebagian orang tua kerap kali melarang anaknya untuk menonton televisi. Padahal tidak selamanya menonton TV memberikan dampak buruk bagi anak. Coba luangkan waktu Anda untuk menonton bersama keluarga. Selain sebagai sarana interaksi antara orang tua dan anak, televisi bisa menjadi sarana edukasi yang baik bagi anak, jika Anda mengontrol penuh apa yang anak Anda tonton. Banyak hal yang bisa si kecil pelajari dari tayangan televisi yang mendidik.(bs/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Weekend di Rumah Bisa Pererat Hubungan Keluarga"