Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Waspadai, Popcorn Bisa Menyebabkan Kematian Pada Balita

14 Aug 2017 // 07:42 // HEADLINE, KESEHATAN

15688917-Popcorn-in-a-container-spilled-Stock-Photo-popcorn-corn-pop

JAKARTA (suarakawan.com) – Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), tersedak merupakan salah satu kecelakaan penyebab kematian tertinggi pada balita. Penyebab tersedak yang paling banyak dialami adalah anggur, hot dog, dan popcorn. Ketiga makanan tersebut memang disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh balita.

Seorang anak berusia dua tahun di Amerika, harus meninggal lantaran tersedak popcorn. Meski sang ayah sudah melakukan CPR, bocah tersebut tidak berhasil diselamatkan karena popcorn telah menghalangi jalan napasnya. Selain popcorn, kacang-kacangan juga sebaiknyaa tidak diberikan pada bayi dan balita.

Anak-anak terutama yang belum dapat mengunyah dengan baik, sebaiknya memang mendapatkan perhatian khusus terhadap apapun yang masuk ke dalam mulut mereka. Untuk menangani anak yang tersedak, segera posisikan anak dengan posisi kepala lebih rendah dari dadanya. Selanjutnya, tepuklah punggungnya sebanyak lima kali, tepat di antara tulang belikat. Bila tidak ada benda atau makanan yang keluar, telentangkan anak di atas meja atau lantai. Tempatkan jari Anda di tengah tulang dada, dan tekan dengan cepat sebanyak lima kali.

Ulangi proses tersebut sampai ada benda yang dimuntahkan anak, atau sampai anak dapat bernapas seperti biasanya. Penanganan yang cepat dan tepat dapat menyelamatkan nyawa anak saat tersedak. Jalan napas yang terhambat akibat tersedak, tidak jarang dapat menyebabkan kematian. Pengawasan orangtua yang ketat terhadap anak, menjadi salah satu kunci penting untuk mencegah kematian akibat tersedak.(bs/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda


  • Terkini