Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Waspadai Maag Akut, Penyakit yang Merenggut Nyawa dr. Ryan Thamrin

06 Aug 2017 // 05:24 // HEADLINE, KESEHATAN

ryan-thamrin-780x520_c

JAKARTA (suarakawan.com) – Presenter acara TV DR.OZ Indonesia, Dokter Ryan Thamrin, beberapa waktu lalu meninggal lantaran penyakit Maag akut yang dideritanya. Sebelumnya tidak ada yang sadar bahwa ternyata penyakit tersebut dapat merenggut nyawa seseorang.

Pada dasarnya masyarakat di Indonesia mengenal penyakit maag karena dipicu oleh gangguan pencernaan atau dalam istilah medis disebut indigestion.

Faktanya, maag bukanlah penyakit. Akan tetapi merupakan gejala yang menandakan adanya penyakit tertentu di tubuh seseorang. Namun maag bukanlah jaringan atau organ tubuh manusia. Maag juga bukan kondisi yang selalu muncul dan dialami oleh setiap orang. Hanya orang yang memiliki penyakit tertentu seperti penyakit asam lambung dan tukak lambung yang akan menunjukkan gejala yaitu maag.

Gejala maag tersebut akan terasa apabila seseorang mengalami kondisi isi lambung, yang termasuk asam lambung, naik menuju kerongkongan sehingga menyebabkan seseorang merasa mual, muntah dan nyeri dada. Maka tak heran jika seseorang yang memiliki gejala maag akan sangat lemah karena sakitnya sudah mencapai fase seperti itu.

Nah, ada juga beberapa penyakit selain tukak lambung yang memungkinkan adanya maag, yaitu infeksi perut dan penyakit irritable bowel syndrome.

Khusus untuk maag akut yang diderita oleh Dokter Ryan Thamrin adalah suatu peradangan yang terjadi pada dinding bagian dalam lambung yang bersifat akut yang ditandai dengan kerusakan berupa pengikisan pada permukaan dinding bagian dalam lambung. Istilah maag akut digunakan untuk menggambarkan penyakit maag yang terjadi secara tiba-tiba, dalam waktu singkat. Untuk menggambarkan rasa sakit (tingkat nyeri), istilah maag akut digunakan untuk menggambarkan penyakit maag dengan rasa sakit pada perut yang hebat dan tajam.

Lantas apa penyebab maag akut?
Penyebab dari Maag akut ini bisa dipicu oleh komsumsi obat-obatan anti inflamasi non-steroid (OAINS), minuman yang mengandung alkohol, makanan pedas, minuman mengandung kafein, makanan dengan bahan-bahan kimia, makan tidak teratur serta sering terlambat makan. Kebiasaan itu akan sedikit demi sedikit mengiritasi permukaan lambung.

Ciri-ciri maag akut
Orang yang mengalami maag akut biasanya merasakan hal-hal sebagai berikut:
gejala nyeri pada perut bagian ulu hati;
perut kembung;
mual;
muntah;
pada kasus yang berat dapat terjadi pendarahan pada saluran cerna yang ditandai dengan muntah darah berwarna hitam dan tinja berwarna gelap akibat pengikisan yang terlalu berlebihan pada dinding dalam lambung;
banyak bersendawa;
penurunan nafsu makan;
penurunan berat badan (biasanya cukup drastis).

Adakah cara pengobatan dan pencegahan?
Untuk pengobatan tentu sedikit sulit karena harus berperang dengan diri sendiri dan terus mengonsumsi obat dari dokter hingga setidaknya menyembuhan kondisi lambung.

Namun untuk menghindari maag akut, sebenarnya bisa dibilang mudah, yakni:

makan dengan teratur;
jangan sampai terlambat makan;
makan dengan porsi kecil tapi lebih sering. Biasanya dilakukan setiap tiga jam sekali;
tidak berlebihan makan pedas.

Itu tadi adalah beberapa penjelasan mengenai maag akut yang belakangan ini menjadi trending topic setelah diketahui menjadi salah satu penyebab berpulangnya Dokter Ryan Thamrin. Semoga bermanfaat. (tc/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda


  • Terkini