Waspada, Sinyal HP Bisa Pengaruhi Otak!

1 komentar 17 views

Semakin banyaknya jumlah pengguna handphone (HP) memancing para ilmuwan untuk melakukan penelitian, apakah paparan sinyal HP berpengaruh negatif terhadap kesehatan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan bulan lalu oleh The Journal of the American Medical Association menyatakan bahwa menggunakan HP dengan menempelkan langsung ke telinga ternyata bisa mempengaruhi aktifitas otak. Akan terjadi peningkatan metabolisme glukosa di dalam otak setelah menggunakan HP selama satu jam atau kurang.

Penelitian tersebut memakan waktu 1 tahun dan melibatkan 47 responden yang diambil secara acak. Sebuah HP ditempelkan ke telinga responden selama 50 menit, yang pertama dalam keadaan ON dan berikutnya dalam kondisi OFF, dengan waktu yang sama. Kemudian hasilnya dibandingkan menggunakan serangkaian uji statistik.

Namun penelitian tersebut tidak menjelaskan, apakah adanya peningkatan metabolisme glukosa tersebut berpengaruh negatif atau positif terhadap kesehatan. Namun demikian, publikasi penelitian tersebut telah membuat orang waspada dan berfikir ulang tentang cara mereka menggunakan HP.

Di tempat terpisah, Om Gandhi, seorang profesor Teknik Elektro dari University of Utah, mengatakan bahwa semakin lemah sinyal yang ditangkap HP maka semakin besar radiasi yang dipancarkan HP tersebut. “Semakin sedikit bar -tanda sinyal di HP- maka semakin besar radiasinya,” katanya seperti dikutip oleh NYTimes.

Lalu bagaimana cara yang baik untuk bertelepon menggunakan HP?

  • Jangan menelepon ketika berada di dalam kendaraan atau sedang berjalan. Logikanya, HP akan terus berusaha mencari sinyal dari tower ke tower yang lain dan itu mengakibatkan radiasinya semakin besar.
  • Gunakan pengeras suara (loudspeaker). Kedengarannya konyol manakala bertelepon dan didengarkan orang lain di sekitar Anda, tapi ini lebih baik daripada otak Anda terpapar radiasi.
  • Gunakan handsfree, baik yang dengan kabel maupun bluetooth. Dengan demikian radiasi HP Anda tidak akan langsung memapar otak Anda. Bluetooth memang memancarkan radiasi, tapi jauh lebih kecil dibandingkan radiasi dari HP langsung.
  • Gunakan SMS. Dengan mengetik SMS maka jarak HP dengan otak cukup jauh sehingga Anda tidak perlu kuatir terkena radiasi HP.

Beberapa HP terbaru memang mengklaim bahwa mereka telah menyempurnakan produknya sehingga memancarkan radiasi yang semakin kecil. Tapi tidak ada salahnya khan, kita waspada?! (buo)

 

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Waspada, Sinyal HP Bisa Pengaruhi Otak!"