Waspada, Kemudikan Kendaraan Di Malam Hari

gunakan selalu sabuk pengaman

SURABAYA (suarakawan.com) – Masih hangat dalam ingatan kita tentang kecelakaan kendaraan di Bojonegoro yang mengakibatkan 16 orang tewas. Peristiwa yang mengenaskan tersebut terjadi malam hari saat para korban adalah warga yang tengah nonton Ketoprak.

Berkendara ke luar kota pada malam hari adalah berkendara yang banyak mengandung resiko. Untuk itu suarakawan.com memberikan tips berkendara aman menggunakan Mobil di malam hari.

Berikut Tipsnya:

1. Bersihkan kaca mobil. Kaca kotor mengurangi kemampuan pandang.
Membersihkannya secara teratur dan menjaga windshield cleaner tetap penuh di penampungnya adalah cara termudah merawat kaca.
2. Meluruskan arah sorot lampu utama untuk mendapatkan visibility maksimum.Bisa dikerjakan di bengkel atau di rumah bila ada kemampuan.
3. Simpan pembersih kaca dan lap di mobil yang bisa digunakan setiap saat untuk membersihkan semua lampu, termasuk lampu plat nomer.
4. Tingkatkan sistem pencahayaan. Bila mobil anda masih menggunakan bohlam  konvensional, Bisa juga dilengkapi dengan satu set lampu kabut untuk mendapatkan penerangan low beam lebih baik saat cuaca tidak bersahabat.
5. Buatlah mobil anda lebih terlihat. Mobil bersih mematulkan cahaya lebih baik daripada yang kotor kusam. Menempelkan reflective tape di bumper dan side molding juga membantu membuat mobil lebih terlihat. Dengan demikian pengendara lain bisa menjaga jarak dan berhati-hati.
6. Tambah lampu rem. Lampu rem tambahan seperti high-mounted brake lamp, bisa mengurangi resiko tertabrak dari belakang hingga 30%.
7. Bila mogok. Hidupkan emergency flasher dan pasang segitiga pengaman. Bila engan berbasah-basah, bekali mobil anda dengan jas hujan yang dilengkapi pita reflector agar bisa dilihat dari jauh.
8. Tetap waspada. Lelah, akan mengurangi daya reflek dan reaksi. Kondisi itu makin parah bila mengantuk. Tetap waspada dan terjaga.
9. Dan jangan pernah menggunakan minuman keras untuk membuat mata melek. Sudah terbukti minuman keras dikombinasikan dengan mengemudi sering berakhir dengan kematian. Bila mengantuk, istirahatlah sejenak. Jangan lupa bawa makanan kecil pengganjal perut untuk berjaga-jaga bila jalanan macet total.
10. Suasana yang gelap mengurangi jarak pandang. Dalam kondisi seperti itu,mengira-ngira jarak menjadi sulit. Tindakan paling bijaksana adalah mengurangi kecepatan dmi memperlebar jarak dengan mobil di depan.Disarankan membuat jarak aman untuk mengerem atau menghindar bila terjadi sesuatu.(Jto/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *