Warga Illinois Diungsikan, Banjir Ancam Tiga Kota

Hujan Es Batu di Illinois

CHAMPAIGN, ILLINOIS – Walikota Illinois, Judson Childs mengeluarkan perintah evakuasi bagi warganya atas ancaman banjir dari dua buah tanggul sungai yang berada di Selatan sungai kecil tersebut. Perintah tersebut setelah diketahui air merembes dari belakang tanggul Kairo, akibat kebocoran pada hari Sabtu (30/4) malam.

Setelah melalui pertemuan dengan pejabat kota, perbaikan tanggul di Missouri tersebut akhirnya ditangani oleh Angkatan Darat yang dipimpin langsung oleh Jenderal Michael Walsh, guna mengurangi menghindari terjadi bahaya besar pada tanggul di sepanjang Ohio hingga Missisippi.

“Ini cukup menakutkan. Kami pernah melihat sebelumnya, tapi tidak seperti ini,” kata Walsh kepada The Associated Press.

Menurut laporan Badan Meterologi dan Geofisika (BMG), hujan diperkirakan turun selang beberapa minggu ini di wilayah tersebut dan sangat membahayakan bagi kota-kota didekatnya.

Childs mengatakan pihak berwenang telah mendesak 2.800 orang untuk meninggalkan Kairo. Sebelumnya Kepala polisi Kairo Gary Hankins memperkirakanbahwa sekitar 1.000 warga akan menetap dirumahnya masing-masing.

Childs mendesak warga untuk tetap tenang dan mau koperatif dengan kepolisian.”Tolong jangan panik dan waktu yan tepat keluar kota yakni tengah malam,” kataChilds.

Sekitar 80 kilometer timur laut di Old Shawneeville, Illinois, para relawan dibantu oleh penduduk setempat sedang mengisi karung pasir untukmembendung kebocoran dan rembesan dari tanggul Sungai Ohio yang hanya memiliki kedalaman di bawah 53 kaki. Namun beberapa rumah telah dibanjiri, sehingga memaksa pemiliknya ke tempat penampungan lokal.(AP/iza)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *