Warga Fukushima Demo Tuntut Ganti Rugi

TOKYO – Penduduk yang dipaksa meningggalkan rumah mereka di sekitar PLTN Fukushima Daiici melancarkan aksi unjuk rasa di depan kantor pusat operator PLTN di Tokyo. Mereka menuntut kompensasi yang telah dijanjikan.

“Saya tidak bisa bekerja dan itu berarti saya tidak punya uang,” ujar Shigeaki Konno (73), seorang mekanis yang tinggal 11 kilometer dari PLTN Fukushima Daiici seperti dikutip AP, Rabu (13/4).

Kanno menambahkan pembicaraan mengenai kompensasi tidak jelas dan para penduduk membutuhkan uang kompensasi itu segara.

Unjuk rasa dilakukan oleh sekitar 20 pengusaha kecil dari masyarakat yang tinggal di sekitar PLTN. Unjuk rasa ini menunjukkan meningkatnya frustasu yang dirasakan masyarakat. Sementara itu perusahaan listrik Tokyo (TEPCO) yang merupakan operator PLTN Fukushima terus berjuang mengatasi krisis nuklir.

Presiden TEPCO, Masataka Shimizu dan eksekutif TEPCO lainnya kembali menyampaikan permintaan maaf setelah Shimizu berjanji memberikan kompensasi untuk penduduk yang tidak bisa kembali ke rumahnya atau tidak bisa bekerja karena bencana nuklir.

“Pembayaran uang tunai tengah disiapkan sesegera mungkin”, ujar Shimizu.

Shimizu mengatakan, TEPCO akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi kerusakan reaktor dan membatasi kebocoran radiasi yang menyebabkan Pemerintah Jepang menaikkan tingkat kewaspadaan ke tingkat paling tinggi, sebanding dengan bencana nuklir Chernobyl pada tahun 1986.

Manager TEPCO, Kensuke Takeuchi mengatakan pada para pengunjuk rasa, bahwa TEPCO belum dapat memberikan uang kompensasi, namun dia berjanji akan menyampaikan tuntutan mereka pada pimpinan tertinggi TEPCO. (Kyodo-NYTimes/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *