Walau Banyak Kejanggalan, Polisi Loloskan Truk Pengangkut Limbah B3

truk pembawa limbah B3

SURABAYA (suarakawan.com) – Empat truk pengangkut limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang diduga tidak memiliki dokumen lengkap dan menyalahi prosedur ternyata lolos ke China.

Truk muatan yang sebelumnya sempat disita Polres Pelabuhan itu dinyatakan legal menyusul pemeriksaan dokumen angkut dan pengiriman limbahnya oleh Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Kalau memang dokumennya lengkap dan tidak ada pelanggaran, kami tidak bisa menghalang-halangi,” cetus Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Jayadi dihubungi ponselnya, Senin (27/06).

Menurutnya, dokumen yang disertakan dalam pengiriman dan angkutan limbah tersebut telah sesuai dengan mekanisme dan aturan. Ia menyebut, dalam pemeriksaan sementara, tidak ditemukan kejanggalan dalam prosedur izin dari pengiriman limbah berbahaya tujuan China tersebut.

“Jadi, jangan terkecoh, karena masalah ini bisa bermuara pada persaingan bisnis dan saling menjatuhkan. Landasan kami sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku. Kalau secara hukum benar, kenapa harus dihalangi ?” katanya.

Sebelumnya, muncul dugaan jika izin angkut 4 truk pengangkut limbah berbahaya tersebut tidak sesuai izin yang ditentukan dalam aturan. Disebutkan, dokumen yang dimiliki tidak disertai pemeriksaan nomor mesin (nosin) dan nomor rangka (noka) dari  pengangkut kiriman limbah yang akrab disebut mill scale tersebut.

“Dokumen pengirimannya hanya di scan,” ungkap sumber di Polres Pelabuhan Tanjung Perak   yang enggan disebut namanya, Minggu (26/6).

Untuk diketahui, pengiriman limbah berbahaya sejenis B3 hanya diperbolehkan melalui Jakarta bukan Surabaya atau kota lainnya. Selain itu, izin pengiriman limbah yang diangkut oleh empat  transporter tersebut belum memperoleh rekomendasi dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Dengan lolosnya empat truk itu, walau penuh kejanggalan, maka tak salah jika ada yang menduga adanya kong kalikong antara petugas dan pemilik truk.(bs/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Walau Banyak Kejanggalan, Polisi Loloskan Truk Pengangkut Limbah B3"