Waktu Ideal Berolahraga Saat Puasa Ramadan

puasa-sehat

JAKARTA (suarakawan.com) – Bulan Ramadan merupakan bulan yang selalu ditunggu bagi umat Islam di seluruh dunia karena di bulan suci ini umat Islam diajak untuk lebih mendekatkan diri dengan penciptanya melalui berbagai anjuran ibadah.

Namun, keadaan ini juga menjadi tantangan tersendiri dimana mereka dituntut untuk menyeimbangkan puasa, ibadah, dan aktivitas seperti biasanya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat menjalankan gaya hidup sehat yang seimbang selama bulan Ramadan.

Yang terpenting adalah menjaga pola makan, serta mengelola waktu istirahat dan olahraga dengan baik sehingga saat berpuasa orang dapat tetap fokus dan berenergi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Realitanya memang orang cenderung menjalani pola hidup yang kurang tepat selama bulan puasa.

Setelah berpuasa selama kurang lebih 13 jam, kebanyakan orang Indonesia memilih untuk mengkonsumsi segala jenis makanan, terutama yang berkadar gula tinggi dalam jumlah banyak. Sementara, waktu tidur cenderung berkurang.

Umumnya, kita memiliki waktu tidur selama 8 jam dan bangun untuk aktivitas sehari-hari selama 16 jam. Namun, selama Ramadan, terjadi beberapa perubahan waktu tersebut.

“Ada empat pembagian waktu selama bulan Ramadan di Indonesia, yaitu 13 jam antara sahur dan buka puasa, tiga jam antara buka puasa dan makan malam, tiga jam antara makan malam dan tidur, serta lima jam untuk tidur,” ujar dr. Alia Basalamah dari Fitness First.

Itu sebabnya, lebih lanjut ditambahkan oleh dr. Alia, jika perubahan waktu menuntut orang untuk dapat beradaptasi dan memiliki manajemen waktu yang lebih baik agar pola makan, waktu istirahat dan olahraga tetap seimbang.

Dalam menjalankan ibadah puasa, olahraga juga sebaiknya tidak diabaikan.

“Waktu terbaik untuk berolahraga adalah 30-60 menit sebelum buka puasa dan 60 menit setelah buka puasa, untuk membantu mempermudah rehidrasi,” tambah dr. Alia.

Bentuk olah tubuh saat berpuasa juga sebaiknya diperhatikan, mengingat puasa dijalankan dalam waktu 30 hari. Tidak ada salahnya mengikuti panduan berolahraga yang kini banyak disediakan dalam bentuk aplikasi telepon genggam.

Sebagai penunjang, jangan lupakan juga asupan penunjang seperti vitamin dan mineral yang dapat membantu kebugaran tubuh dan konsentrasi penuh selama berpuasa.(cnn/rur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *