Wah, ASI di Jepang Mengandung Radioaktif

PLTN Fukushima Daichi (dok)

TOKYO(suarakawan.com)-Penyebaran zat radioaktif akibat kebocoran PLTN Fukushima Daichi kian luas dan memprihatinkan. Terbaru, ditemukan sejumlah kecil kandungan zat radioaktif di air susu ibu pada lima perempuan di Tokyo dan wilayah lain.

Dari sampel yang diambil dari 41 perempuan di lima prefektur, yodium radioaktif terdeteksi dalam ASI seorang wanita di Prefektur Fukushima, dan cesium di empat lainnya di Tokyo, Fukushima dan Ibaraki.
Jepang belum menetapkan tingkat keamanan untuk zat radioaktif dalam ASI, tetapi pembacaan di semua lima kasus jauh di bawah tolok ukur untuk konsumsi air keran untuk bayi di bawah 1 tahun.

Anggota kelompok masyarakat, yang telah melakukan survei serupa pada bulan April keluar dari kekhawatiran tentang dampak kebocoran radioaktif pada ibu dan bayi, mendesak pemerintah daerah untuk menyediakan tes sebagai ibu khawatir banyak mendekati mereka untuk konsultasi.

Departemen Tenaga Kerja, Kesehatan dan Kesejahteraan percaya bayi tidak akan terkena risiko kesehatan pada tingkat hingga 100 becquerels yodium radioaktif per kilogram air minum atau 200 becquerels cesium.

Pembacaan contoh di lima kasus antara 22 April dan 5 Mei adalah 5.5 becquerels yodium dan 4,8-10,5 becquerels cesium.  (jt/jto/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *