Wagub Jamin Soal Unas di Jatim Tidak Bocor

Tidak ada komentar 24 views

SURABAYA – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menjamin tidak ada kebocoran soal ujian selama berlangsungnya Ujian Nasional tingkat SMA/MA yang mulai digelar, Senin 18 April 2011 besok.

Melalui rilis yang dikirimkannya, Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah, telah meminta kepolisian untuk menjaga proses distribusi soal hingga ke sekolah-sekolah. “Kami sudah minta polisi dan mereka sudah menjamin mulai percetakan hingga distribusi ke sekolah akan dikawal ketat,” kata Gus Ipul, Minggu (17/4).

Gus Ipul juga telah meminta Dinas Pendidikan untuk menerjunkan tim pengawas independen yang dibantu oleh Dewan Pendidikan. Pengawas independen ini diterjunkan khusus untuk mengawasi pelaksanaan ujian di tingkat sekolah sehingga tidak ada lagi ditemukan oknum guru yang dengan sengaja membocorkan soal kepada para muridnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Harun juga menjamin proses distribusi soal ujian telah sampai ke seluruh kecamatan yang ada di Jawa Timur. Rencananya, baru besok pagi soal-soal akan didistribusikan ke seluruh sekolah.

“Seluruh proses diamankan. Bahkan mulai dari percetakan di Jakarta sudah dikawal, distribusi ke Jatim juga dengan pengawalan,” kata Harun. Distribusi sendiri, tambah dia, dilakukan melalui darat dengan kawalan polisi dari empat Kepolisian Daerah yaitu DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah dan sesampai di Jawa Timur langsung dikawal Kepolisian Daerah Jawa timur.

Di Jawa Timur, soal juga sempat disimpan selama tiga hari di Markas TNI Angkatan Laut untuk kemudian didistribusikan ke seluruh kota/kabupaten. Karena itu, Harun membantah adanya isu yang menyebut soal ujian telah mengalami kebocoran. “Siapa yang berani, wong polisi dibantu TNI jaga 24 jam,” kata dia. (ti/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Wagub Jamin Soal Unas di Jatim Tidak Bocor"