Upacara Beatifikasi, 1 Juta Orang Padati St. Petrus

Lebih Satu Juta Orang Padati Lapangan Basilika, St. Petrus, Vatikan, Rima, Minggu (01/05)

VATIKAN –  Lebih dari satu juta orang memadati Lapangan Basilika, Santo Petrus Vatikan, Roma dan jalan-jalan di sekitarnya, untuk beatifikasi Paus Yohanes Paulus II. Sebuah upacara pengudusan Paus Yohanes Paulus II hari Minggu (01/05).

Upacara ini menjadi acara puncak perayaan tiga hari yang dimulai dengan sembahyang tuguran hari Sabtu (30/04) kemarin. Tuguran adalah bagian penting untuk menguduskan paus yang paling terkenal dalam sejarah gereja Katolik itu. Dimana selama 26 tahun menjadi kepala Gereja Katolik Roma, Paus Yohanes Paulus II ikut menumbangkan komunisme, menyemangati muda-mudi Katolik dan memperkuat kehadiran gereja Katolik di negara-negara berkembang.

Sekitar 5.000 polisi  berseragam ditempatkan di sepanjang Roma untuk memastikan keamanan bagi 16  kepala negara yang diperkirakan ikut menghadiri upacara tersebut.

Helikopter berputar-putar dan kapal patroli polisi terus menyisiri Sungai Tiber dekat Santo Petrus.

Ribuan  peziarah, kebanyakan dari kampung halaman Yohanes Paulus yakni di Polandia. Mereka bermalam di kantong tidur di jembatan penyemberangan Tiber dan di gedung piazza di sekitar kota Vatikan.

Mereka  berdiri bahu membahu di jalan raya utama menuju Vatikan, melalui jalan della Conciliazione, serta jalan-jalan di sekitar jembatan penyeberangan Tiber menuju St Petrus.

“Yohanes  Paulus adalah seorang pria yang luar biasa dan itu hak istimewa untuk berada di sini. Ini bagus untuk melihat orang-orang dari seluruh dunia,” kata Anne Honiball, 48, salah satu peziarah dari Worthing, Inggris. (AFP/iza)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Upacara Beatifikasi, 1 Juta Orang Padati St. Petrus"