Umbar Aib, Hipnotis Ala “Uya Emang Kuya” Diharamkan

TRENGGALEK – Forum Musyawarah Pondok Pesantren (FMPP) se-Jawa-Madura mengharamkan tiayangan hipnotis ‘Uya Emang Kuya’ disalah satu televisi nasional, karena dinilai bertentangan dengan ajaran Islam.  Keputusan tersebut berdasarkan bahtsul masa’il atau pembahasan masalah yang menjadi perhatian masyarakat  yang digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam, Dusun Jajar, Desa Sumbergayam, Kecamatan Durenan, Trenggalek, Kamis (24/3) kemarin.

Hipnotis Uya Kuya diharamkan karena tak jarang menampilkan sosok terhipnotis yang tanpa segan mengumbar aib dirinya dan aib orang lain.

“Islam tegas melarang aib disebarluaskan. Bahkan ada perintah kepada umat muslim agar menutup aibnya, melindungi aib saudara dan sesama muslim lainnya,” kata Darus Azka, salah satu tim perumus, di Ponpes Darussalam.

Menurut Darus, tayangan ‘Uya Emang Kuya’ sangat menekankan sisi hiburan. Sayangnya, di dalam proses menghibur ini, orang yang dihipnotis selalu mengungkap aib seseorang atau aib diri sendiri. Padahal mengungkap aib orang dengan tujuan menghibur yang dianggap haram.

Meski menyatakan hipnotis ala Uya Kuya haram, FMPP tidak merekomendasikan agar penayangan acara itu dihentikan. Ini karena keputusan FMPP bukan fatwa bersifat mengikat, melainkan hanya hasil pembahasan untuk dijadikan masukan kepada yang menganggapnya benar. (ant/iza)

2 Respon

Tinggalkan pesan "Umbar Aib, Hipnotis Ala “Uya Emang Kuya” Diharamkan"