Uji KIR Makin Diperketat

Tidak ada komentar 13 views

SURABAYA (suarakawan.com) – Terkait banyaknya kecelakaan yang terjadi akhir-akhir ini yang melibatkan kendaraan berat seperti bus dan truk,uji kelayakan bermotor atau uji KIR di UPTD Tandes Surabaya kembali diperketat, diantaranya pengecekan kondisi ban, rem hingga mesin truk.

Menurut kepala UPTD uji KIR Tandes Surabaya, Miyanto, pengujian secara selektif baik untuk kendaraan bus maupun truk, setiap hari bisa mencapai 300 kendaraan. Sementara yang tidak lolos per hari bisa mencapai 10 hingga 15 kendaraan.

Berbagai hal, lanjut Miyantoi, yang membuat kendaraan tersebut tidak lolos. Diantaranya, rem tidak pakem, ban gundul serta kendaraan yang tidak ban cadangan.

“Kalau bannya sudah tipis kurang setengah centi meter sudah saya tidak luluskan,” ujar Miyanto (20/2).

Dengan pengetatan seleksi ini, diharapkan bisa memperkecil angka kecelakaan di jalan raya khususnya yang melibatkan kendaraan berat,

Sementara, banyaknya kendaraan yang terlambat melakukan uji KIR, menurut Miyanto, biasanya dikarenakan malasnya para sopir serta perusahaan pemilik truk yang tidak mempedulikan kelayakan kendaraannya. “Perusahaan biasanya sibuk ngurusi muatan angkutannya sampai lupa ngurusi kelayakan angkutannya.” Imbuh Miyanto (bs/jto)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Uji KIR Makin Diperketat"