Uang Palsu Rp10 Miliar Telah Beredar. Hati-hati!!

SURABAYA – Polrestabes Surabaya kembali menangkap jaringan pengedar uang palsu. Kali ini pelaku adalah komplotan asal Semarang, Jawa Tengah.

Terbongkarnya kasus ini berawal dari penangkapan Weny Nurjanah(50), penjual pakaian di pasar tradisional Semarang, yang ditangkap saat melakukan transaksi di Hotel Cemara, jalan A. Yani, Surabaya. Dari penangkapan ini petugas menemukan barang bukti Rp 109 Juta rupiah dalam pecahan 100 ribu.

“Setelah itu kita kembangkan lagi dan menangkap Nurdin dan Edi Santoso. Dua pelaku ini pengedar uang palsu di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.” terang Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Anom Wibowo kepada wartawan di Mapolrestabes Surabaya, Kamis (17/3).

Dari dua pelaku ditemukan uang palsu pecahan 50 ribu sebanyak 200 lembar, 20 ribu  350 lembar dan 10 ribu sebanyak 40 lembar.

Saat ini petugas memburuh seorang Daftar Pencarian Orang (DPO) bernama Bagong sebagai pemasok uang palsu. Diketahui semua peredaran uang palsu dipasok oleh Bagong. Dimana setiap bulannya Weny mendapatkan uang palsu Rp200 juta rupiah.

AKBP Anom Wibowo juga menjelaskan, meski peredaran ini baru berjalan 4 bulan, namun total upal yang beredar sudah mencapai 10 miliar rupiah. (bs/ara)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *