Triyogi Yuwono Akhirnya Dilantik Sebagai Rektor ITS

1 komentar 10 views

Hari ini Rektor ITS terpilih akhirnya dilantik. Acara pelantikan dilangsungkan di Jakarta oleh Mendiknas bersamaan dengan pelantikan rektor dari kampus lain. Masing-masing  Rektor Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, Universitas Singaraja Bali dan Direktur Politeknik Negeri Tanjungpura.

Usai pelantikan, Triyogi dikabarkan akan langsung kembali ke Surabaya. Sekitar 200 dosen dan mahasiswa ITS akan menjemput di Bandara Juanda untuk selanjutnya kembali ke Kampus ITS Sukolilo dengan konvoi sepeda pancal.

Sebelumnya proses pemilihan rektor ITS sempat memanas. Dalam tahapan pemilihan sebelumnya, Senat ITS memberikan 60 suara ke Prof. Priyo Suprobo, 39 suara ke Prof. Triyogi Yuwono, dan sisanya 3 suara untuk Prof. Daniel M Rosyid. Namun hasil tersebut ‘dikacaukan’ oleh pilihan Mendiknas M Nuh yang memiliki hak suara 35%. Akhirnya Prof. Triyogi Yuwono terpilih menjadi Rektor ITS.

Adapun hak suara sebesar 35% yang dimiliki Mendiknas tersebut kini masih dipersoalkan. Beberapa Guru Besar ITS mengajukan judicial review ke Mahkamah Agung terhadap Permendiknas No. 24 tahun 2010. Namun hingga rektor terpilih dilantik hari ini belum ada kejelasan status, apakah  judicial review itu berhasil merubah pasal dalam Permendiknas yang dipersoalkan para Guru Besar.

Seperti diketahui, proses pemilihan calon rektor ITS sudah berlangsung sejak pertengahan tahun 2010 lalu. Panitia Pemilihan Calon Rektor (PPCR) yang diketuai oleh Ir. Sritomo W Soebroto, M.Sc telah menetapkan tahapan-tahapan pemilihan calon rektor. Dimulai dari penjaringan, dilanjutkan dengan pemilihan oleh civitas akademika, lalu yang terakhir pemilihan oleh Senat ITS.

Di tengah proses yang sedang berjalan, tiba-tiba Mendiknas mengeluarkan Permendiknas yang mengatur proporsi suara Senat dan Menteri. Senat mendapatkan proporsi suara 65% sedangkan Menteri 35%. Permendiknas itulah yang kemudian ditentang kalangan kampus yang merasa Mendiknas mengintervensi independensi senat dalam memilih rektor. (buo)

Foto:

  • Atas (kiri ke kanan): Prof. Priyo Suprobo, Prof. Triyogi Yuwono dan Prof. Daniel M Rosyid pada saat konferensi pers sesaat setelah pemilihan oleh Senat ITS. (Sumber: Arsip SUARAKAWAN.COM)
  • Bawah: prosesi pelantikan oleh Mendiknas (courtesy of ITS.AC.ID)
Satu Respon

Tinggalkan pesan "Triyogi Yuwono Akhirnya Dilantik Sebagai Rektor ITS"