Tol Porong-Gempol Operasi Agustus 2011 Mendatang

SURABAYA – Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengatakan jalan alternatif pengganti tol Porong-Gempol yang putus akibat lumpur panas lapindo brantas sudah bisa dilewati kendaraan pada awal September 2011 mendatang.

Menurutnya pembangunan konstruksi yang dimulai sejak awal bulan ini akan memakan waktu enam bulan. Ini sesuai permintaan Wakil Presiden RI, Boediono yang menargetkan pada 17 Agustus mendatang sudah beroperasi.

“Akhir Agustus harus selesai. Itu targetnya. Sehingga awal September harus bisa dilewati kendaraan,” kata Soekarwo Minggu(13/3) kemarin.

Soekarwo menyatakan, masalah lahan milik masyarakat dan beberapa perusahaan seluas 17 meter persegi yang dilalui jalan alternatif sudah selesai dibebaskan dengan sistem konsinyasi. Jika pun ada yang menolak maka keputusan tak bisa diubah dan pemilik lahan bisa mengambil uang pengganti ke pengadilan.

“Sekarang sudah dibeton dan nanti diaspal. Jika ini selesai maka tak ada lagi kemacetan di sepanjang Porong-Gempol,” tegasnya.

Jalan tol Porong-Gempol terputus sejak 2006 lalu. Pembangunan jalan alternatif tersebut tersendat karena banyak pemilik lahan menolak uang ganti rugi pembebasan sebab tidak menemukan titik temu dengan Pemerintah Provinsi Jatim.(qt/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tol Porong-Gempol Operasi Agustus 2011 Mendatang"