Tokoh Katolik Australia Didakwa Lakukan Pelecehan Seksual

bendahara-gereja-katolik-vatikan-didakwa-lakukan-pelecehan-seks

SIDNEY (suarakawan.com) – Tokoh Katolik Australia paling senior Kardinal George Pell, didakwa melakukan pelanggaran seks. Tuduhan ini terkait dengan dugaan insiden ‘historis’.

Menurut Wakil Komisaris Polisi Victoria Shane Patton, tuduhan pelanggaran seks pada bendahara Vatikan itu dilaporkan lebih dari satu orang. Meski demikian, Kardinal Pell, yang berbasis di Vatikan, dengan keras membantah tudingan yang dialamatkan pada dirinya.

“Kardinal Pell akan kembali ke Australia sesegera mungkin, untuk mengikuti peraturan hukum. Sudah ada juga persetujuan dari dokternya mengenai pengaturan perjalanannya,” tandas Gereja Katolik dalam sebuah pernyataan pada Kamis (29/6).

Sebagai bendahara Vatikan, Kardinal Pell dianggap sebagai pejabat ketiga di pusat Gereja Katolik itu. Tak hanya sebagai tokoh agama paling senior Australia, dia juga pejabat berpangkat tinggi di dunia Katolik.

Selama dua dekade, dia menjadi tokoh garis depan dalam perdebatan Gereja mengenai isu kontroversial seperti halnya homoseksual. Namun, dia malah tersangkut kasus pelecehan seksual di dalam jajaran Australia selama serangkaian penyelidikannya. (mer/rur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *