Tips Agar Kuat Berpuasa

Tidak ada komentar 10 views

segelas susu bagus untuk sahur

SURABAYA (suarakawan.com) – Kita terbiasa berpikir dengan berpuasa, banyak waktu makan yang harus “hilang” yakni  sarapan dan makan siang. Dan pola pikir demikian ternyata mensugesti kita untuk merasa lemas saat menjalani puasa, terutama saat siang sampai menjelang waktu berbuka.

Memperbanyak asupan serat pada saat sahur adalah salah satu cara mencegah cepat datangnya rasa lapar di perut saat tengah menjalankan ibadah puasa.

Serat ini bisa diperoleh dari buah-buahan, sayur-sayuran, atau karbohidrat berserat seperti oatmeal. Serat atau karbohidrat kompleks dapat memberikan rasa kenyang karena mampu mengembang dalam lambung.

Tetapi, serat juga lebih lama dicerna dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, protein dan lemak. Artinya, serat akan lebih lama tertinggal di lambung dibanding zat gizi lainnya. Karena itu perut akan terasa lebih lama kenyang dan kadar gula darah juga lebih terjaga

Untuk menghindari lemas anda juga bisa mengkonsumsi segelas susu saat sahur dan sebaiknya konsumsi pula suplemen yang mengandung vitamin B kompleks agar metabolisme Anda semakin oke.

Saat sahur memang disunahkan untuk makan sahur mendekati waktu imsak, oleh karena itu lakukan makan sahur Anda kira-kira 15-30 menit sebelum imsak, dan makanlah serat di saat-saat terakhir makan sahur anda.

Selain “mengirit” waktu cerna makanan, sahur sebelum imsak sangat baik untuk mencegah terlewatnya shalat Subuh.(Jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tips Agar Kuat Berpuasa"